Uncategorized  

Puluhan Rumah Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai Citanduy

IMG 20210114 WA0078

PANGANDARAN,onenewsoke.com

Akibat luapan Sungai Citanduy,Puluhan rumah di Pangandaran terendam banjir. Puluhun rumah milik warga yang terendam berada di Dusun Sukasari RT.35/09 Desa Sukanegara, Kecamatan Padaherang, Kab.Pangandaran-Jawa Barat, Kamis (14/1/2021).

Sebagian warga terpaksa harus mengungsi ke dataran yang lebih tinggi dengan menggunakan perahu milik salah satu warga.

Menurut sumber yang diterima, meluapnya Sungai Citanduy terjadi sekira Pukul 01.00 WIB dini hari, saat warga sedang tertidur pulas, Air mulai merendam rumah-rumah warga terjadi Pukul 07.30 WIB

Ketinggian banjir pun variatif, mulai dari setinggi kaki orang dewasa hingga 100 centimeter.


Ada sekitar 25 rumah milik warga terendam. Banjir tersebut sungguh sangat mengganggu terhadap aktivitas warga dalam hal mencari nagkah untuk kebutuhan keluarganya.

Derasnya hujan yang mengguyur8, menyebabkan sungai Citanduy meluap, karena tidak mampu lagi menampung debit air kiriman dari hulu sungai.

Sebagian barang-barang milik warga pun ada yang tidak terselamatkan hanyut terbawa luapan sungai Citanduy.
Luapan banjir dari sungai Citanduy ini sering terjadi setiap tahunnya kata salah seorang warga.

Warga pun meminta ada tindakan khusus dari pihak Pemerintah terkait agar kedepannya tidak terjadi lagi banjir.

Ahmad Nasikin (43) Anggota Tagana Pangandaran mengatakan, Sungai Citanduy meluap mulai pukul 02.00 WIB, dan merendam rumah warga sekitar pukul 03.00 WIB, katanya.

Sebagian warga sudah dievakuasi juga barang berharga ke dataran yang lebih tinggi, sisanya akan Kita lakukan secara bertahap.
Ahmad juga mengatakan, Evakuasi kemungkinan setelah banjir sudah terlihat surut, dan sudah tidak terlihat lagi tanda-tanda banjir,”ujarnya.

Evakuasi warga dibantu pihak Pemerintah Desa setempat, Unsur Tagana Pangandaran, serta Unsur organisasi Pemuda Pancasila Pangandaran.(*rach).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *