Jebolnya Bendungan di Desa Mekarasih Simpenan, INI KATA Kepala UPTD PU IV Palabuhanratu

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Bendungan irigasi di Kampung Cipicung RT 13/RW 003 Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi jebol, akibat tidak kuat menahan luapan air Sungai Cimandiri pada saat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, Selasa 11 Juni 2024 sore.

“Kejadiannya saat hujan deras sekitar pukul 16.00 WIB sore kemarin. Bendungan irigasi pengairan sawah mengalami jebol kurang lebih panjang 50 meter dan lebar 2 meter,” terang Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan, Dandi Sulaeman, Rabu (12/6/2024).

Menurut Dandi, pasca jebolnya bendungan tersebut ditemukan adanya pecatan seloop di bagian pintu air. Selain itu, juga terdapat bocoran pada bawah bendungan.

“Jebolnya bendungan irigasi mengakibatkan akan terjadinya kekeringan ke pesawahan Blok Mekarasih. Saat ini masyarakat melakukan penanggulangan sementara pada bendungan agar air tetap mengalir ke pesawahan warga,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala UPTD Pekerjaan Umum (PU) Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi, membenarkan adanya bendungan irigasi yang jebol di Desa Mekarsari tersebut. Ia mengaku sudah melaporkan kejadian ini ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Iya, kegerus sama air bah atau banjir. Sudah lapor ke BPBD, mudah mudahan ada penenganan kolaberasi dari BPBD dengan Dinas PU bidang SDA (Sumber Daya Air),” kata Edi.

Menurut Edi, pasca kejadian tim dari tim teknis Bidang SDA Dinas PU sudah melakukan pengecekan ke lokasi. Saat ini kondisi jebolnya bendungan irigasi sudah dilakukan pengkajian bersama BPBD.

Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *