Gunakan Anggaran Miliaran Rupiah, DPU Kabupaten Sukabumi Sosialisasikan Pembangunan Irigasi Gegebeng Waluran

1001061049 01 scaled
oplus_2

ONENEWSOKE.com

WALURAN-SUKABUMI, – Bertempat di SDN 1 Waluran Mandiri, berlangsung kegiatan sosialisasi peningkatan jaringan Irigasi permukaan pada daerah IRIGASI GEGEBENG, pada Jum’at (07/06/2024)

Dari informasi yang dihimpun Awak Media onenewsoke.com, dana pembangunan tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Dinas PU Kabupaten Sukabumi tahun 2024 sebesar Rp. 3, 424.545.40. Dan berdasarkan surat perintah mulai kerja (SPMK) nomer 000.3.3/06/SPMK/DAK-03/DPU-SDA/2024 tanggal 29 Mei 2024. Dan acara pun dibuka sekitar pukul 13:48 Wib

1001061155 01 1
oplus_2

Maka berdasarkan surat tersebut, DPU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Ciemas yang di ketuai Dadang Kuswara S.IP menggelar kegiatan sosialisasi tersebut bersama Kepala Bidang Pengairan SDA selaku  PPK Kabupaten Sukabumi Adi Nugraha ST dan juga Nandang dari pihak CV Karya Abadi selaku pemenang tender proyek pembangunan tersebut.

Tampak hadir pula di kegiatan tersebut Camat Waluran Supendi dan jajarannya, Kepala UPTD PU Ciemas Dadang Kuswara dan jajarannya, jajaran Polsek Cicarap dan Koramil 0622-12/Surade, perwakilan CV Karya Abdi, Kepala Desa Waluran mandiri yang diwakili BPD, Tokoh masyarakat dan juga warga masyarakat kampung Cikoja RT 24/04 Kedusunan Cidahu Desa Waluran mandiri

Dalam sambutannya, Kepala UPTD PU Ciemas Dadang Kuswara mengatakan kegiatan tersebut, bahwa daerah ini panjangnya pembangunan tersebut 6,8 Km dengan luas lahan 441 H. Selain menjelaskan perihal beberapa tahapan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dirinya menekankan agar pihak CV yang mendapatkan tender proyek tersebut yaitu CV Karya Abadi agar bisa melibatkan warga setempat, artinya adanya pemberdayaan masyarakat lokal, termasuk menjelaskan bahwa pekerjaan tersebut berlangsung selama 6 bulan lamanya.

Sambutan selanjutnya disampaikan Camat Waluran Supendi, dengan memperkenalkan dirinya yang baru bertugas di wilayah Waluran.

“Ini adalah program anugrah buat pemerintah wilayah Kecamatan Waluran khususnya di Desa Waluran mandiri, karena pembangunan seperti ini tidak bisa terakomodir dari dana Desa tentunya. Dan pembangunan ini tidak serta-merta, artinya ada proses yang dilakukan seperti musdus, musdes. Oleh karena itu mari kita dukung dan amankan oleh semuanya pembangunan ini,”ungkapnya

Camatnya juga menegaskan, dalam pembangunan ini tepat sasaran segala sesuatunya terutama pada pihak Konsultan dan Pelaksana kegiatan tersebut.  Dan selain itu Camat juga berharap, pembangunan ini bisa dijaga setelah selesai pembangunannya. Dan perlu adanya kolaborasi yang dibangun dengan semua stakeholder terkait, seperti dengan pemerintah dan salah satunya juga dengan  Media,”kata Camat Supendi

Selanjutnya dari pihak Kepolisian dan TNI pun mewakili Kapolsek Ciracap dan Danramil Surade sampaikan sambutannya, pada intinya menyampaikan pesannya untuk mengawal kegiatan tersebut bersama-sama. Dan siap mengawal sampai dengan selesai pekerjaan tersebut.

Kepala Bidang Pengairan SDA Kabupaten Sukabumi Adi Nugraha ST., dirinya mewakili Kepala Dinas PU Binamarga Kabupaten Sukabumi pun mengatakan  maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menyampaikan kepada warga masyarakat terkait kegiatan yang akan berlangsung, sehingga masyarakat mengetahui nantinya dan tidak kaget. Dan juga menjelaskan perihal hak dan kewenangan dalam program irigasi tersebut, ada hak yang bisa dilakukan Kabupaten, provinsi maupun pusat atau kementrian.

Kemudian sambutan selanjutnya disampaikan Nandang dari CV Karya Abadi yang akan melaksanakan kegiatan tersebut,

“Saya kesini permisi mohon izin, dalam rangka melaksanakan pembangunan ini. Dan mohon bantuan pikiran dan saran pada warga disini. Sementara ini saya akan mempersiapkan kantor tempat dimana nanti saya tinggal disini. Termasuk saya akan siapkan pekerja dan papan proyek nantinya. Dan perihal pekerja, saya akan liat dari bahan yang tersedia nantinya, artinya efesiensi pekerjaan nantinya,”ungkap Nandang.

Nandang juga menjelaskan perihal irigasi yang sudah ada, akan disesuaikan dengan kebutuhan warga nantinya. Sehingga tidak menggangu juga terhadap warga masyarakat yang bercocok tanam nantinya.

Di kegiatan tersebut juga berlangsung silang pendapat antara warga masyarakat dengan tim teknis lapangan, dengan tujuan pelaksanaan kegiatan pembangunan irigasi Gegebeng Waluran berjalan sesuai dengan harapan semuanya.




Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *