Kepala Badan Pengelolaan GCPUGG  Iyos Somantri Angkat Bicara, Perihal Kegiatan GEOPARK CILETUH RUN 2024

1000992642 01

ONENEWSOKE.com

CIEMAS-SUKABUMI, – Dengan berlangsungnya kegiatan GEOPARK CILETUH RUN 2024 yang diselenggarakan di pantai Palangpang Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, pada Minggu (12/05/2024). Yang dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi H Marwan Hamami

Kegiatan tersebut cukup meriah dan spektakuler dari pantauan langsung awak media onenewsoke.com di lapangan. Dan menjadikan magnet yang cukup efektif bagi para wisawatan lokal maupun luar Kabupaten Sukabumi yang berkunjung ke kawasan objek wisata Geopark Ciletuh khususnya.

Ini tampak terlihat dari berjubelnya para wisatawan yang datang ke Geopark Ciletuh selain dari para panitia penyelenggara dan peserta di kegiatan GEOPARK CILETUH RUN 2024 tersebut.

Nampak hadir dalam perhelatan tersebut dari jajaran Forkompinda Kabupaten Sukabumi selain Bupati Sukabumi yaitu Kapolres Sukabumi AKBP. Tony Prasetyo dan jajarannya , Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Kepala Bapenda Hendry Somantri (BIMA), Kepala Dinas Kominfosan Kabupaten Sukabumi Mubtadi Latip dan beberapa perwakilan OPD Lainnya, Muspika Kecamatan Ciemas serta para tamu undangan lainnya.

Saat dikonfirmasi onenewsoke.com, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami  menuturkan, Geopark Ciletuh Run Series 2024 ini diselenggarakan di lima Geopark di Indonesia, salah satunya Geopark Ciletuh Palangpang Kecamatan Ciemas

” Kami sangat bersyukur Geopark Ciletuh Runs 2024 dimulainya dari Ciletuh Pelabuhanratu,”ungkapnya.

Masih kata Marwan, event tersebut diselenggarakan sebagai bentuk semangat pemerintah untuk mempromosikan keindahan alam dan potensi yang dimiliki alam Kabupaten Sukabumi. Melalui kegiatan tersebut, potensi yang dimiliki alam Sukabumi akan semakin dikenal dunia.

” Saya ingin mengajak kepada semua pihak untuk menjadikan acara ini sebagai momentum agar lebih peduli terhadap pariwisata lokal kita, ” imbuhnya.

Bupati meminta kepada para peserta agar selalu menjaga lingkungan dan menghormati budaya serta tradisi yang ada supaya taman bumi Kabupaten Sukabumi bisa terus lestari. Begitupun masyarakat senantiasa bisa melayani wisatawan dengan baik dan tidak seenaknya juga bagi para penjual yang ada dikawasan objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Sehingga tidak berdampak terhadap keberlangsungan ekonomi masyarakat lokal nantinya.

“Mari kita wujudkan memuliakan warisan bumi dan mensejahterakan manusia sebagai motto Geopark. Serta bisa menjaga kearifan lokal masyarakat sehingga memberikan kesan baik bagi wisatawan baik lokal maupun internasional,”tukasnya

Sementara itu, ditempat terpisah Iyos Somantri selaku Kepala Badan Pengelola Ciletuh Unesco Global Geopark, di kegiatan tersebut menjelaskan, pihaknya bersinergi dengan Media Indonesia menyelenggarakan Geopark Run 2024,  salah satu tujuannya adalah menyadarkan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat untuk berwisata ke Geopark Ciletuh.

“Selain kegiatan olahraga, di acara Geopark Ciletuh Run 2024 ini diadakan pula bazar kuliner lokal UMKM masyarakat lokal dan pentas seni budaya baheula (dahulu), seperti sajian lagu lagu perepet jengkol, paciwit ciwit lutung seperti yang kita dengarkan tadi, “kata Iyos Somantri pada onenewsoke.com

Iyos juga menjelaskan bahwa, kegiatan Geopark Ciletuh Run Series 2024, ini akan dijadikan agenda tahunan. Sebagai salah satu upaya mendongkrak wisatawan lokal maupun internasional yang berkunjung ke Geopark Ciletuh, temasuk dalam upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat lokal nantinya. Juga dalam upaya memperkenalkan kesenian tradisional daerah yang ada wilayah serta produktivitas warga yang menjadi khasnya, sehingga mampu menjadi produk unggulan di tingkat nasional maupun internasional.

Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *