Dua Kepala Desa di Kecamatan Ciemas, Gelar Pertemuan Dengan Plt Kadis Pariwisata

1000971091 01 scaled
oplus_16

ONENEWSOKE.com

CIEMAS-SUKABUMI, – Dua (2) Kepala Desa yang ada di wilayah Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, menggelar acara silaturahmi dan kordinasi dengan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, pada Jum’at (03/05/2024)

Dari pantauan langsung Awak Media onenewsoke.com, kedatangan kedua Kades tersebut Ciemas Wisnu Handito dan Girimukti Akung Samsudin disambut baik oleh pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni. Dan sekitar pukul 09:43 Wib keduanya sampai di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

IMG20240503094214
oplus_2

Dari informasi sebelumnya, ternyata bukan hanya dua Kepala Desa yang akan hadir di kegiatan tersebut, namun empat (4) Kepala Desa yaitu, Ciemas, Girimukti, Ciwaru dan Desa Mandrajaya. Namun yang hadir hanya Desa Ciemas dan Girimukti.

Beberapa hal pun disampaikan kedua Kades tersebut dalam pertemuan yang digelar itu, yang intinya mereka meminta penunjuk dan arahan mengenai teknik dan mekanisme objek wisata yang ada di wilayah Desa mereka yang selama ini belum tertata dengan baik.

Plt Kadis Pariwisata Jujun pun memberikan arahan dan masukannya kepada kedua Kepala Desa tersebut, bagimana bisa mengelola objek wisata yang ada di wilayah Desa masing-masing sehingga mampu memberikan dampak positif baik secara pendapatan kepada Pemerintah Desa maupun perseorangan, dan juga bisa melakukan pemberdayaan terhadap masyarakatnya.

“Dan perlu diketahui juga, ada dua kriteria objek wisata. Yaitu objek wisata milik Pemerintah dan objek wisata milik pribadi. Tentunya mekanisme yang berbeda. Untuk Desa sendiri kan bisa diperan aktifkannya BUMDES sebagai salah satu wadah yang memiliki nilai provite, yang bisa bekerja sama dengan pemilik lahan objek wisata.,”ungkap Jujun disela-sela pembicaraannya.

Selain itu, Jujun juga menjelaskan perihal teknik dan mekanisme retribusi yang saat ini berjalan yang ada dalam perda Kabupaten Sukabumi, baik retribusi parkiran, sampah juga bangunan dan restoran. Termasuk objek wisata mana saja yang sudah memiliki Perda. Seperti yang dijelaskannya yaitu untuk wilayah Geopark Ciletuh atau dapil 6 ada Curug Sodong, Pantai Minajaya, Ujung Genteng dan Cikaso.

Akhirnya, dari pertemuan tersebut didapat kesimpulan atas apa yang menjadi keinginan kedua Kepala Desa tersebut

Atas petunjuk yang telah disampaikan Jujun Juaeni, kedua Kepala Desa tersebut akan menggelar pertemuan selanjutnya dengan Muspika Kecamatan Ciemas sekaligus akan mengundang dari beberapa Dinas terkait nantinya.

Acara pun selesai sekitar pukul 10:25 Wib. Dan Plt Kadis Pariwisata pun mengatakan kembali diakhir pertemuannya itu, dinas  akan terus membantu dan mendorong nantinya apa-apa yang di inginkan kedua Desa tersebut.

Dan perlu diketahui, dari pertemuan tersebut ada beberapa inti pertanyaan yang diusulkan kedua Kepala Desa tersebut diantaranya,

1. Bagaimana pengelolaan retribusi yang tidak berbenturan dengan hukum
2. Pemberdayaan masyarakat Desa dengan adanya objek wisata yang ada di wilayah Desa masing-masing
3. Kolaborasi pemerintah daerah dalam mengembangkan sekaligus membantu UMKM masyarakat lokal.

Dan pertemuan tersebut pun, atas kerjasama kolaborasi pimpinan redaksi media onenewsoke.com, yang sebelumnya melakukan komunikasi dengan Plt Kadis Pariwisata untuk bisa bertemu dengan para Kepala Desa tersebut.

Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *