Banjir Merendam 12 Rumah Warga dan Jalan di Cidahu Sukabumi

1000958316 01 1

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Cuaca ekstrim seperti intensitas hujan deras dapat menimbulkan musibah, seperti halnya yang terjadi di Kampung Pasirdoton RT 01/01, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diduga akibat hujan deras yang terus mengguyur di wilayah tersebut, mengakibatkan ruas jalan Cidahu serta 12 Rumah terendam banjir, Kamis (25/04/2024).

Menurut Ketua RT 01/01 Janih menuturkan, hujan deras dengan intensitas tinggi sejak pukul 20.00 WIB mengakibatkan aliran selokan Cisigung meluap dan mengalir deras ke ruas jalan raya Cidahu sehingga mengakibatkan arus lalu lintas terhambat.

IMG 20240426 WA0035 1

“Musibah banjir ini baru pertama kali, namun sedikitnya 12 rumah warga terendam banjir dan arus lalulintas jalan Cidahu-Cicurug ataupun sebaliknya terhambat akibat ketinggian air kurang lebih 50 cm,”ujarnya.

Janih menambahkan, bahwa kejadian luapan air selokan ini disamping minimnya saluran drainase juga akibat dari mulai banyak pembangunan rumah di sepanjang jalan.

“Kemungkinan besar karena aliran drainase yang mulai tertutup sehingga debit air di selokan Cisigung meningkat akibat dari curah hujan berintensitas tinggi,” jelasnya.

Janih berharap dengan adanya musibah kejadian banjir ini, kedepannya warga masyarakat selalu menjaga saluran drainase agar air bisa mengalir dengan lancar.

“Kita harus lebih menjaga kebersihan dan lebih mencintai lingkungan agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” harapnya.

Dari informasi yang didapat di sekitar lokasi kondisi banjir tersebut selain membuat belasan rumah dan tempat warga terendam air banyak kendaraan bermotor yang memaksa melintas dan alhasil kendaraan mereka mogok.

Reporter : Anry Wijaya (Jack)

Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *