Pembinaan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, BPD dan Bumdes Digelar Kecamatan Ciemas

IMG20240327105514 01 scaled

ONENEWSOKE.com

CIEMAS-SUKABUMI, – Berlangsung kegiatan pembinaan keuangan Desa,  yang diarahkan kepada pemerintah Desa, Badan Pengawasan Desa (BPD) dan juga BUMDES (badan usaha milik Desa), yang diinisiasi pemerintah Kecamatan Ciemas pada, Rabu 27 Maret 2024.

Acara yang dihadiri langsung Kepala Desa, BPD se-Kecamatan CIemas, para Pendamping Desa (PD) dan juga perwakilan beberapa pengurus BUMDES.

Acara yang digelar sekitar pukul 09:30 Wib, yang buka langsung Camat Ciemas Usep Supelita.

IMG20240327105443

Dalam sambutannya Camat Ciemas menegaskan dan menjelaskan perihal keuangan Desa dan BUMDES, serta peran aktif BPD dalam pengawasan regulasi yang berlangsung di pemerintahan Desa. Penegasannya adalah wajib tertib administrasi.

Sumber lainnya pun disampaikan Suhendar selaku  pendamping Desa (PD) Kecamatan Ciemas. Dirinya juga menjelaskan mengenai perputaran keuangan, laporan dan lainnya tentang tanggung jawab Desa terhadap pemerintah pusat.

Di tempat yang sama Kasi Binwas Kecamatan Ciemas sekaligus PMD ( pemberdayaan) Desa, Dadun menyampaikan. Pemerintah Desa untuk segara menyampaikan RPJMDes, dan perubahan serta monevnya segara dipenuhi secepatnya, untuk data-data yang dipinta Bupati dan BPK,”tandasnya.

Di kegiatan tersebut berlangsung juga silang pendapat antara peserta yang hadir dengan pemerintah Kecamatan Ciemas. Seperti yang dipertanyakan Kepala Desa Cibenda Adi Rizwan perihal Kepala Dusun yang membawahi beberapa ke RTan, yang dirinya pertanyaan setelah adanya instruksi dari DPMD Kabupaten Sukabumi, dan perihal BUMDES yang saat ini hampir semua yang ada di wilayah Kecamatan Ciemas Mandeg,”ungkapnya.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *