Sebanyak 10 Orang Warga Dinyatakan Hilang, Akibat Banjir Bandang di KBB

IMG 20240326 083334 01

ONENEWSOKE.com

BANDUNG BARAT, – Tim SAR gabungan hingga Senin (25/3/2024) masih kesulitan melakukan pencarian 10 warga yang dilaporkan tertimbun longsoran. Luasnya area longsor yang terjadi di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Cipongkor tersebut, yang luasnya mencapai sekitar 1 hektar, membuat upaya pencarian 10 warga yang tertimbun mengalami kesulitan.

Banjir bandang dan longsor yang terjadi di 2 Desa di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Banjir bandang terjadi di Desa Sirnagalih, sedang longsor terjadi di Kampung Gintung, Desa Cibenda, pada Minggu 24 Maret 2024 malam mengakibatkan sejumlah bangunan rumah rusak.

Banjir bandang dan longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi yang turun di kawasan tersebut sebelum bencana terjadi. Hujan lebat telah mengakibatkan Sungai Cijambu meluap dan memutuskan jembatan penghubung antar desa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama dengan tim SAR gabungan fokus melakukan pencarian 10 warga hilang tertimbun longsor yang menerjang Kampung Gintung, Desa Cibenda, Cipongkor.

Menurut Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan, pihaknya langsung koordinasi dengan tim SAR gabungan setelah mendapatkan laporan tentang adanya 10 warga dinyatakan hilang saat kejadian longsor pada Minggu malam pukul 23.00 WIB.

“Kondisi sekarang masih fokus pencarian oleh tim Tim SAR gabungan untuk mencari korban yang hilang di lokasi terdampak,”ucapnya.

Kesulitan pencarian korban yang tertimbun longsor harus dihadapi mereka karena luasnya area longsor yang diperkirakan mencapai sekitar 1 hektar.

“Pencarian menjadi fokus utama kami karena areanya lumayan luas juga, kurang lebih ada satu hektare untuk terdampak yang di pemukiman warga,”ujarnya.

Hadi menambahkan, BPBD Jabar juga telah mendirikan posko darurat di halaman SD Padakati. Dapur umum akan diaktifkan bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bandung Barat.

“Adapun kebutuhan mendesak yang dibutuhkan saat ini antara lain paket sembako, selimut, dan kasur,” kata Hadi

Sementara itu laporan sementara dari BPBD Jabar, akibat longsor di Kampung Gintung, 10 rumah rusak berat terdampak material longsor dan satu rumah terancam ambruk. Hasil kaji cepat sementara BPBD Kabupaten Bandung Barat mencatat 99 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

Dalam bencana longsor tersebut, 2 warga mengalami luka-luka dan saat ini mendapatkan perawatan di puskesmas setempat dan sebanyak 189 warga mengungsi sementara di SD Negeri Padakati, Kecamatan Cipongkor dan GOR Desa Cibenda.

BPBD Jabar mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah berbukit dan dekat dengan tebing, untuk selalu waspada terutama jika hujan turun dengan intensitas tinggi lebih dari satu jam.

Reporter : Arif (Rach)

Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *