Dengan Respon Cepat, PT Wilton Wahana Indonesia Langsung Buat Jalan Baru Paska Longsor di Pasir Manggu

ONENEWSOKE.com

CIEMAS-SUKABUMI, – Longsor yang terjadi di wilayah kampung Pasir manggu RT 002/010 Kedusunan Kiara jaya Desa Mekarjaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, telah menggerus sebagai akses jalan. Senin 11 Maret 2024.

Dari informasi yang dihimpun Awak Media di lapangan, longsor terjadi di akses jalan yang berdampingan langsung dengan PT Wilton Wahana Indonesia yang menuju Kampung Pasir manggu-Cibangban.

Kejadian longsor yang diduga kuat akibat cuaca hujan yang cukup besar selama empat hari empat malam di wilayah Kecamatan Ciemas, khusus di TKP tersebut. Yang mengakibatkan longsor yang menggerus akses Jalan Pasir manggu-Cibangban sepanjang KL 15 meter dengan kedalaman 8 meter.

Peristiwa longsornya jalan tersebut terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 04:00 Wib. Sontak membuat pihak PT Wilton Wahana Indonesia langsung bergerak kelapangan dan membuat jalan baru di sekitar kejadian tersebut.

Hal tersebut dibenarkan salah satu Humas PT Wilton Wahana Indonesia Ujang Muhtar atau sapaan karibnya Cutay, saat dikonfirmasi Awak Media onenewsoke.com di lapangan, Senin pagi 11 Maret 2024.

“Iya benar, longsor terjadi akibat cuaca yang cukup ekstrim di wilayah Kecamatan Ciemas khususnya di Desa Mekarjaya. Hujan yang terus menerus selama 4 hari 4 malam sebelumnya ini, dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan longsor terjadi di ruas jalan Pasir manggu-Cibangban yang biasa di lalui masyarakat disini,”ungkapnya

Namun setelah mendengar adanya peristiwa tersebut, Lanjut Cutay, “pihak perusahaan datang ke lokasi kejadian sekitar Sabtu pagi pukul 08 :00 Wib dan langsung membuat akses jalan baru yang cukup lebar dari sebelumnya, yaitu dengan panjang KL 500 m dan Lebar bukaan jalan 8 meter, namun untuk pengerasan akan dikerjakan 4 meter dan juga akan dilaksanakanya reboisasi. Dan saat ini pun masih terus dilakukan dengan mendatangkan dua alat berat sebelumnya,”imbuhnya.

Lebih lanjut  Cutay pun menjelaskan, peristiwa tersebut tidak semata karena dugaan adanya kesalahan dari pihak PT, namun cuaca alam yang cukup ekstrim saat ini. Namun dirinya juga meminta maaf terhadap semua pihak yang terdampak akibat peristiwa tersebut, terutama pada warga masyarakat Pasir manggu-Cibangban yang biasa menggunakan jalan tersebut. Selain itu dirinya juga menjelaskan, sebenarnya untuk jarak Open  Vit maining PT pun dengan jarak  bahu jalan sekitar 25-30 meter, itu adanya kebijakan dari pihak PT,”tandasnya.

Ditempat terpisah, Marko salah satu warga Kampung Pasir manggu mengatakan,

“Ya dengan kejadian ini, saya merasa puas karena pihak PT dengan cepat memperbaiki jalan ini. Apalagi yang tadinya menanjak sekarang bisa agak sedikit tidak menanjak. Namun harapan saya kedepannya tidak ada lagi kejadian seperti ini lagi di kampung Pasir manggu. Yang sudah mah sudah saja, dan kedepannya saya sebagai masyarakat kecil tolong jalan disini diperhatikan,”harapnya.

Diketahui, paska peristiwa tersebut Muspika Kecamatan Ciemas langsung datang ke TKP pada Minggu pagi, untuk melihat situasi di lapangan saat itu. Dan dari informasi yang terima Awak Media, pihak Muspika juga telah melaporkan peristiwa tersebut kepada Bupati Sukabumi dengan salah satu laporannya bahwa, dari peristiwa tersebut Pihak PT langsung reaktif dengan membuka akses jalan baru untuk masyarakat di sana.

Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *