Bersama 186 Anak Yatim, Komunitas DCAB.ID CHAPTER JABAR Gelar Papajar

IMG 20240303 WA0151 01

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Dalam rangka menyambut bulan suci ramadan, ada kebiasaan warga di Jawa Barat melakukan kegiatan Papajar.  Papajar sendiri merupakan singkatan dari dua kata yaitu mapag dan pajar, mapag dalam bahasa indonesia diartikan menjemput, sedangkan pajar artinya fajar.

Dikaitkan dengan Ramadhan, Papajar adalah sebuah tradisi dan budaya untuk menjemput bulan suci Ramadhan, dalam tradisi unik yang biasa dilakukan oleh warga itu, biasanya mereka berbondong-bondong mendatangi tempat wisata atau lapangan  untuk berkumpul makan-makan.

Hal yang sama dilakukan oleh sebuah komunitas Double Cabin Indonesia, dimana komunitas ini mengajak jalan jalan anak yatim ketempat wisata untuk bermain dan makan bareng di sebuah objek pondok pesantren Mabda Islam Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari dcab.id jabar dan Komunitas Karavan kebaikan turki, ” ucap Andi Wijaya selaku ketua umum Double Cabin Indonesia Minggu !3/03/2024)

Menurut koodinator acara, Umaryani menyebutkan bahwa kegiatan tersebut mengambil tema Ulin jeung babagi ( bermain dan berbagi )

“Sebanyak 186 anak yatim di wilayah sukalarang Sukabumi diajak berwisata ke Pondok Pesantren Mabda Islam kawasan nyalindung,” jelas Umaryani.

Sementara itu Herdy Somantri yang biasa dipanggil akrab bima menerangkan bawa para anak yatim diajak untuk menaiki kendaraan mobil jenis dobel cabin sebagai ciri khas dari komunitas dcab.id

IMG 20240303 WA0150

“Kami melihat mereka sangat bahagia, dan dari region jabar ini kami menyediakan kendaran sekitar 50 unit mobil doubel cabin, toyota hiace dan satu unit mobil ambulance,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain makan makan serta  belajar dan berwisata alam dengan berbagai permainan dilokasi tersebut, panitia penyelengara juga membagikan kaos serta perlengkapan sekolah hingga santunan untuk masing-masing anak yatim.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *