Ratusan Calon PTPS Ikuti Test Wawancara Yang Digelar Panwascam Ciemas

GridArt 20240114 155117951

ONENEWSOKE.com

CIEMAS-SUKABUMI, – Telah berlangsung kegiatan test wawancara calon anggota PTPS ( pengawas tempat pemungutan suara) se-Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, yang digelar Panitia pengawas Kecamatan Ciemas (PANWASCAM).

Helat yang berlangsung sekitar pukul 08:00 Wib, di kantor Panwascam Ciemas Kampung Cigaok RT 004/001, Kedusunan/Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Dari informasi yang dihimpun onenewsoke.com, sebanyak 161 anggota PTPS yang saat ini dibutuhkan untuk wilayah Kecamatan Ciemas. Dan sudah terjaring sebanyak 175 anggota yang akan mengikuti Test wawancara tersebut.

Di test wawancara tersebut dibagi menjadi 3 penanya komisioner yang sudah disiapkan, satu dari Ketua Panwas dan 2 Komisioner. Dengan pertanyaan yang berbeda-beda. Seperti terkait UU Pemilu, kesiapan dan tujuan dari peserta tersebut ikut sebagai calon PTPS.

Nampak hadir di kegiatan tersebut Ketua Panwas Kecamatan Ciemas Ronald Legy Purnama S.IP dan jajarannya, serta para anggota calon PTPS se Kecamatan Ciemas

Saat dikonfirmasi Awak Media onenewsoke.com, Ronald Legy Purnama S.IP selaku ketua Panwascam Ciemas menjelaskan, kegiatan ini sebenarnya perencanaan dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 17 Januari 2024,

IMG 20240114 154818

“Namun kenapa menjadi tiga sesi ini kami lakukan, kerena kita disibukan dengan jumlah peserta yang mendaftar dari tanggal 2 sampai tanggal 6 Januari 2024. Makanya bagi yang mau mendaftar bisa kita kasih batas waktu sampai tanggal 17 Januari 2024,”terang Ronald pada onenewsoke.com, Minggu 14 Janwari 2024.

Selain itu, Ronald juga menjelaskan terkait mekanisme test wawancara yang sedang dirinya bersama jajaran Panwascam Ciemas gelar. Ada tiga tahapan dan 35 soal yang memang diterima langsung dari Bawaslu Kabupaten Sukabumi. Termasuk penjelasan perihal saat ini Panwascam Ciemas sudah menerima calon PTPS sebanyak KL 175 orang, sementara yang dibutuhkan di Kecamatan Ciemas sebanyak 161 orang PTSP.

“Artinya ada beberapa orang yang nantinya akan tereleminasi, karena kita muat dan langsung nilai saat ini juga,”imbuhnya

Masih kata Ketua Panwascam Ciemas, dirinya dengan tegas menghimbau kepada para calon yang terpilih nantinya, agar menjaga netralitas selama berlangsungnya Pemilu nanti.

“Jadi kami menegaskan jaga netralitas kita nantinya, baik sebagai panwaslu ataupun PTSP. Harus bisa menjaga nama baik kita sebagai bagian atau keluarga besar Bawaslu Kabupaten. Notabenenya kita harus netralitas tidak boleh mendukung salah satu calon atau partai apapun, bukan tidak memilih tapi tidak boleh ikut dalam kampanye. Jika ketauan ada diantara yang lolos dalam seleksi ini dan lakukan pelanggaran, kita akan pecat dan langsung ganti,”tegasnya.

Tidak hanya itu, Ronald juga memberitahukan kepada masyarakat, karena ada program tanggapan masyarakat sampai tanggal 21 Janwari 2024, perihal orang-orang yang ikut seleksi PTSP tersebut.

“Jika terbukti ada pelanggaran yang dilakukan orang-orang tersebut, sekalipun nilainya baik, maka kita akan langsung ganti. Jika jelas bukti otentiknya ada,”tandasnya.

Ditempat yang sama, salah satu calon PTPS asal Desa Mandrajaya, Trianti mengatakan, sangat optimis dirinya akan lolos dalam seleksi tersebut dan tidak ada kesulitan

IMG 20240114 154747

“Ya dong kita harus optimis dan tetap semangat. Ya disisi lain tujuan saya ikut test ini, ingin mengetahui pemilu ini dan mudah-mudahan dengan pemilu ini bisa untuk mensejahterakan,”ungkapnya.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *