Kabid DPMD dan Camat Ciemas Sampaikan Pesan Ini Saat Gelar Asistensi, KADES WAJIB TAU INI!

20240112143519 IMG 0435 01

ONENEWSOKE.com

CIEMAS-SUKABUMI, – Telah berlangsung kegiatan Asistensi RPJMD ( rencana pembangunan jangka menengah Desa) yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, pada Jum’at 12 Januari 2024.

Kegiatan tersebut yang diinisiasi oleh DPMD ( dinas perberdayaan masyarakat Desa) Kabupaten Sukabumi, yang dihadiri langsung Kepala Bidangnya  Hodan Pirmansyah. Nampak hadir pula Camat Ciemas Usep Supelita SE.,MM dan jajarannya, Kepala Desa Cibenda Adi Rizwan S.IP., Kepala Desa Mandrajaya Ajat, Kepala Desa Mekarjaya Wida, Kepala Desa Ciemas Wisnu Handito, Desa Waluran Mandiri dari Kecamatan Waluran, jajaran BPD dari 6 Desa yang hadir serta sekdes dan kaur Pemerintah Desa Kecamatan Ciemas maupun Waluran.

20240112160143 IMG 0443 01

Sekitar pukul 14:09 Wib acara pun berlangsung dan dibuka Camat Ciemas Usep Supelita SE.,MM.

Dalam sambutannya Camat Ciemas Usep Supelita lebih menekankan pada teknis kebersamaan, sebab Pemerintah Desa itu adalah kolektif kolegial. Sehingga wajib menyertakan semua unsur, baik pemerintah Desa dan lembaganya serta warga masyarakat. Sehingga esensi transparansi dan akuntabilitas akan berjalan baik sesuai dengan regulasi pemerintah pusat maupun daerah

Asistensi sendiri perlu dipahami terlebih dahulu, yaitu kegiatan mengasisteni atau secara umumnya membantu seseorang dalam tugas profesionalnya dalam hal pemahaman yang dipokuskan pada kepala Desa sebagai pemangku kebijakan dalam rencana pembangunan jangka menengah Desa kedepanya.

Silang pendapat pun berlangsung di kegiatan tersebut yang memang diberikan waktu oleh  Kabid DPMD Hodan Pirmansyah terhadap yang hadir. Terpantau ada pertanyaan yang dilontarkan dari Kepala Desa Cibenda Adi Rizwan dan disusul yang  lainnya.

20240112143555 IMG 0436 01

Ditempat yang sama, Kabid DPMD Kabupaten Sukabumi Hodan Pirmansyah saat dikonfirmasi onenewsoke.com menjelaskan,

“Tujuan hari ini merupakan Asistensi yah, untuk mengawal bagi kades yang merupakan hasil Pilkades siklus 2  gelombang 2 tahun 2023. Bahwa regulasi mangatakan maksimal 3 bulan itu harus memiliki RPJMD. Artinya mekanisme susunan dan lainnya kita harus perlu Asistensi, “terang Hodan pada onenewsoke.com.

Masih kata Kabid DPMD Kabupaten Sukabumi, “Artinya penyusunan dokumen RPJMD harus diselaraskan dengan regulasi yang lebih tinggi dengan arah kebijakan daerah dalam hal ini RPJMD Kabupaten Sukabumi. Dengan perangkat daerah harus diselaraskan tujuannya sebagai arah kebijakan kepala Desa untuk 6 tahun kedepan, jelas ada cantolannya ada rujukannya mengacu pada regulasi yang mengatur. Permendesnya, Permendagrinya, Perdanya dan ada RPJMD nya,”imbuhnya.

Hodan juga menjelaskan saat ini pemerintah Desa sedang dalam proses tahapan penyusunan. Mungkin ada progres tahap kesatu dan pembentukan tim SK penyusun RPJMD. Karena yang jelas Desa itu  berbeda-beda.

Selain itu, Kabid DPMD Kabupaten Sukabumi ini menyampaikan pesannya untuk Kepala Desa dari kegiatan Asistensi tersebut

“Bahwa, bagi pemerintah Desa harus  bersinergi lah dengan BPD dan lembaga Desa yang lainnya. Bisa merangkul, menyusun dokumen bersama-sama. Supaya arah kebijakannya itu lengkap untuk 6 tahun kedepan. Sehingga masyarakat pun  mengetahui dan mengerti akan progres pembangunan yang akan dilakukan oleh Kepala Desa dengan yang lainnya,”tandasnya.



Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *