Meliputi Wilayah 1, 5, 6 dan 7 Jadi Bahasan di Rakor Kewilayahan 2023 Yang Dihadiri Bupati

FB IMG 1703226994998 01

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri Rapat Koordinasi Kewilayahan Tahun 2023 yang meliputi Wilayah 1 , 5, 6 dan 7. Rakor berlangsung di Aula Kecamatan Cikembar, Jum’at 22 Desember 2023.

Seperti diketahui Rakor ini merupakan tindaklanjut seminar evaluasi Perbup Nomor 78/2020 tentang Pelimpahan Sebagian kewenangan Bupati Kepada Camat

Menurut Kabag Tata Pemerintahan Sendi Apriadi Kegiatan ini sebelumnya telah di laksanakan di kalapanunggal dan hari ini dilaksanakan di kecamatan cikembar.

“Rakor yang ke 2 kali ini telah diikuti oleh para Camat, Sekmat, dan para Kepala Seksi kurang lebih sebanyak 180 orang, dengan tujuan untuk memperdalam pemahamaan dan peningkatan kapasitas terkait pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada camat,” ungkapnya

Sementara itu Bupati menyatakan bahwa kedudukan Kecamatan merupakan perangkat Daerah yang diberikan amanat untuk melaksanakan misi ke 4 yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik yang inovatif, profesional dan akuntabel serta mewujudkan kabupaten sukabumi yang religius, maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin.

” Karenanya Rakor ini penting disleenggarakan agar bisa pelimpahan sebagian kewenangan Bupati bisa dilaksanakan lebih efektif oleh Camat dan perangkatnya,” jelasnya

Masih dikatakan Bupati, peran Camat sebagai miniatur pemerintah daerah, implementasi regulasi tersebut benar benar dapat diwujudkan oleh camat dan jajaranya

” Saya tegaskan bahwa kewenangan yang didelegasikan kepada kecamatan tersebut terlebih dahulu harus dianilisis lebih lanjut bagaimana realisasinya agar disesuaikan dengan kondisi kecamatan masing masing,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Baputi, yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan delegasi kewenangan yang diberikan adalah kondisi sumberdaya manusia, dukungan anggaran dan sarana prasarana pendukung lainnya.

” Kebijakan yang diambil juga harus benar benar menyentuh, tepat sasaran dan bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat karenanya perlu pengalaman empiris dan pengelaman nyata ditengah masyarakat,” tandasnya.

Diakhir sambutan Bupati meminta hadirin untuk menyimak materi pembekalan dari narasumber dan kemudian hasilnya ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi dan situasi ditempat kerja masing masing.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif antar bupati sukabumi dengan peserta Rakor kewilayahan

Hadir dalam acara, Plt. Asisten Pemkesra, inspektur, kepala BPKAD, Plt. Kepala Bappelitbangda, Kadis Sosial, Kabag Tapem serta para Camat sewilayah 1,5,6 dan 7 dan undangan lainnya

Pada kesempatan tersebut di laksanakan penyerahan buku pemberian dan pemutakhiran kode data wilayah administrasi pemerintahan dan pulau ,serta penyerahan piagam ketua mabiran pramuka.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *