Alami Devisit Ratusan Miliar Rupiah, Bupati Pangandaran Angkat Bicara

IMG 20231206 WA0156 01

ONENEWSOKE.com

PANGANDARAN, – Kabupaten Pangandaran saat ini sedang mengalami devisit anggaran tahun 2023 sebesar 350 miliar, solusi tersebut Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata berencana melakukan peminjaman.

Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, devisit anggaran tersebut  tidak bisa dihindari, karena COVID-19 mengakibatkan turunnya pendapatan daerah (PAD) kurangnya dana transfer daerah dan yang lainnya.

“Untuk menghadapi defisit anggaran tersebut harus ada langkah yang dilakukan Pemda,”ungkap Jeje kepada wartawan Rabu 6 Desember 2023

“Bila menggunakan portofolio, hutang beresiko tinggi menjadi jangka panjang dan utang dibayar nyicil, kalau untuk melakukan peminjaman tersebut PEMDA mesti memiliki persetujuan oleh DPRD kementrian keuangan,kementrian dalam negri dan bappenas,”ungkap Jeje

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan pinjaman ini sama dengan kita membayar rumah 200 juta, tetapi uangnya hanya ada 10 juta, sehingga mau tidak mau bayar rumah dengan cara mencicil.

“Dikarnakan uangnya kurang sehingga harus bayar sekitar 5 juta perbulan,mungkin seperti itu logikanya,” kata Jeje

“Sekitar 8 program yang dapat berjalan kembali di antaranya,Pangandaran hebat(PAHE)pendidikan mudah dan bermutu, ajengan masuk sekolah, jaminan kesehatan,program penguatan Desa berjalan,pembangunan insfratuktur Desa, ekonomi Desa, tunjakan kepala Desa, perangkat Desa, RT/RW, Linmas, tenaga penunjang, kegiatan Pemda/honorer, rekrutan PPPK, ASN jasa pelayanan kesehatan dan meningkatkan pelayanan serta bagi hasil ke desa bisa berjalan kembali,”bebernya.

Masih kata Jeje bila mana pinjaman tersebut tidak diberikan akan terjadi pengetatan yang luar biasa.

“Apalagi kita sedang menghadapi tahun politik,pemilu dan pilkada,”kata Jeje

Jeje juga menambahkan defisit anggaran yang tidak bisa dihindari dan terjadi di Jawa barat,bukan hanya di Kabupaten Pangandaran saja,”tandasnya

Jeje juga menjelaskan, Pangandaran indeks kenerja daerah (IKD) membaik terlihat dari pendidikan, kesehatan dan juga infrakstuktur.

Di tahun 2024 saatnya penyehatan anggaran, bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berharap mendapat fiskal yang baik dan PAD meningkat 5 persen,”harapannya.

Reporter : Miming SN

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *