Bawaslu Kabupaten Garut dan Panwascam, Gelar Pembinaan Kapasitas Aparatur Pengawasan

IMG 20231204 WA0067 01

ONENEWSOKE.com

GARUT, – Menghadapi Pemilu 2024, Panwas pemilu Kecamatan dan Bawaslu Kabupaten Garut berupaya terus tingkatkan dan perkuat kapasitas jajaran pengawas Adhoc.
Salah satunya rutin dengan melaksanakan giat fasilitasi dan pembinaan aparatur pengawas pemilu, Senin (4/12/2023).

Yang paling utama menjadi pegangan seluruh jajaran adalah integritas, profesionalitas, dan pemahaman terhadap regulasi mendasar terkait pola kelembagaan.  Semua itu sangat penting karena merupakan modal awal yang berkaitan dengan etos kerja pengawas adhoc, baik tingkat Kecamatan maupun Desa, Hal tersebut dikatakan anggota Bawaslu Garut, Lamlam Masropah.

“Selain menjunjung tinggi integritas dan profesionalitas, seluruh jajaran juga penting memahami isi dan pesan dari Perbawaslu 3 terkait Polhub dan Perbawaslu 15 terkait Pembinaan dan Pengawasan. Ini agar kita dalam bekerja, supaya mawas diri,”ungkap Lamlam saat membuka Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu di Aula Kecamatan Pamulihan beberapa waktu lalu.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat ini menambahkan, dalam mengawasi tahapan kampanye, pengawas harus menguasai seluruh regulasi kampanye, detail dalam pelakukan pengawasan, serta mahir dan cakap dalam menguasai teknis pengawasan di lapangan.

“Lakukan pengawasan melekat, setiap hari. Ingat, pengawas pemilu tidak hanya cukup berani dan mahir saja dalam mengawasi, tapi harus menguasai regulasi. Detail mengawasi, mahir regulasi, berani dalam melakukan penindakan terhadap pelanggaran,” tegasnya.

Sebagai informasi, giat yang dilaksanakan dihadiri juga oleh Camat Pamulihan H.Robiul Awaludin,S.Sos,.M.M., jajaran pimpinan Panwascam Pamulihan, jajaran sekretariat Panwascam, dan seluruh PKD se-Pamulihan.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Pamulihan menyampaikan selalu siap untuk bersinergi menyukseskan Pemilu 2024, khususnya di ruang lingkup wilayah kerjanya.

“Selama ini pemerintah Kecamatan dan unsur pengawas pemilu bersinergi dengan diperbantukannya anggota pemerintahan Kecamatan didalam kepengurusan kesekretariatan maupun hal lainya,”tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Pamulihan, Asep Rahmat Sofyan menyampaikan harapannya kepada seluruh anggotanya tingkat Kecamatan maupun pengawas Kelurahan/Desa agar bisa belajar banyak dari giat yang diselenggarakan.

”Saya selaku pimpinan dan Ketua Panwas berharap, agar kita semua dapat mengambil ilmu yang telah disampaikan oleh pimpinan kami dari Bawaslu Kabupaten,”tandasnya.

(Rach)

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *