Inisiasi BKAD, Puluhan Kepala Desa di Sukabumi Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Kades

FB IMG 1701174597821 01

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Puluhan kepala desa se-Kabupaten Sukabumi mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Kepala Desa, di Ballroom Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Kecamatan Cikakak, Selasa (28/11/2023).

Acara yang diinisiasi oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, dan dihadiri oleh Inspektur Inspektorat, Kadis PMD, DPTR serta undangan lainnya.

FB IMG 1701174581505

Bimtek peningkatan kapasitas Kepala Desa 2023 mengusung tema “meningkatkan kualitas kepemimpinan yang handal dan profesional serta optimalisasi peran dan tugas kepala desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa”.

Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami menyatakan, Kepala Desa memiliki peran yang sangat strategis dalam menggerakkan roda pemerintahan desa, terutama dalam mengakomodir harapan masyarakat serta menyelaraskan pembangunan sesuai dengan RPJMD Kab. Sukabumi 2021-2026.

“Berdasarkan tema tersebut, kepala desa didorong untuk bisa lebih memahami terkait tugas dan fungsinya. Mengingat, kades memiliki peran yang sangat strategis,”

Bupati menegaskan, kepala desa yang mengikuti Bimtek dituntut untuk mampu menjadi manager yang cerdas dalam pengelolaan desa dan membangun sumber daya manusia yang unggul, agar dapat menjadikan desa maju dan mandiri.

“Membangun desa bukan hanya sekadar bermimpi, tetapi mimpi itu harus direalisasikan melalui program yang realistis,” imbuhnya.

H Marwan menuturkan, pengelolaan Anggaran Desa (AD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang nilainya cukup besar mesti dikelola secara baik, dengan menerapkan pola PDCA yakni, Plan (rencanakan), Do it (kerjakan), Check (cek), dan Act (tindak lanjuti).

“Implementasi proses yang dikerjakan jangan sampai keluar dari batas kewenangan. Laksanakan sesuai aturan dengan menerapkan pola PDCA itu tadi,” imbuhnya.

Dirinya berharap, kepala desa bisa bergerak bersama-sama untuk membangun kemajuan Kab. Sukabumi yang lebih baik.

FB IMG 1701174571498

Ditempat yang sama, panitia penyelenggara, Surahman menambahkan, Bimtek peningkatan kapasitas Kepala Desa 2023 diikuti sebanyak 84 peserta, berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 28-30 November 2023.

Dirinya berharap, pelaksanaan Bimtek para kepala dapat memiliki wawasan yang cukup dan mengetahui tugas dan fungsinya.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *