Seni dan Budaya Ciletuh Sabilulungan ke-7, Kembali Digelar PAPSI Kecamatan Ciemas

IMG20231118100303 01 1 scaled

ONENEWSOKE.com

CIEMAS-SUKABUMI, – Kembali PAPSI (paguyuban alam pakidulan Sukabumi) yang berdomisili di Jalan Tamanjaya, Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Yang dipimpin Endang Sutisna S.Ip dan jajaranya, menggelar kegiatan SIBILULUNGAN yang ke-7 tahun 2023, dengan mengusung tema “Budaya Urang Kudu Tandang”

Helat yang digelar berlangung di lapangan Sepakbola Desa Tamanjaya dengan menghadirkan puluhan sanggar seni budaya, baik dari wilayah Kabupaten Sukabumi maupun dari luar Kabupaten Sukabumi seperti dari Kota Bandung.

Ribuan warga dari berbagai daerah pun berdatangan kelokasi kegiatan tersebut.

Tampak hadir pula diperhelatan tersebut dari Dinas Pariwisata yang diwakili Kabid pemasaran Luki Mufti dan juga perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Sukabumi. Nampak hadir pula Danramil Ciemas Lettu Arm Akyadi dan jajarannya, Perwakilan dari Camat Ciemas Dadun, salah satu anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari partai PPP H Andri Hidayana, Kepala Puskesmas Tamanjaya Lilis Suryani dan anggotanya serta tamu undangan lainnya.

Acara Seni dan Budaya Sabilulungan Ciletuh ke-7, yang dibuka langsung Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata sekitar pukul 09:10 Wib. Selain menampilkan puluhan pentas seni budaya dari berbagai sanggar, disuguhkan juga UMKM warga lokal Kecamatan Ciemas yaitu oleh oleh khas Ciemas yang berbahan baku gedebong pisan yang diolah menjadi abon, keripik dan aneka parian lainnya. Termasuk pula Seblak Zanda khas oleh oleh Pajampangan serta kuliner lainnya ada disana.

Apresiasi pun disampaikan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi atas terselenggaranya kegiatan tersebut,

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi Dinas Pariwisata sangat mengapresiasi dan terima kasih terhadap seluruh warga masyarakat yang terlibat di kegiatan Sabilulungan ke-7 ini, termasuk kami mengapresiasi terhadap PAPSI, kami sangat mendukung upaya-upaya kita dalam melestarikan budaya kita ini,”ungkap Luki Mufti pada onenewsoke.com, Sabtu 18 November 2023.

Selain itu, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata ini menegaskan agar kegiatan ini terus dilestarikan dan dilaksanakan

“Seperti tadi kita liat tampilan adik-adik kita, ini agar terus dilestarikan dan dipertahankan, sehingga mereka akan terus mengenal budayanya sendiri,”tandasnya.

Endang Sutisna Ketua PAPSI pun menjelaskan, kegiatan Sabilulungan ke-7 saat ini sangat mewah atau meriah katanya,

“Tapi meriah disini bukan mewah, akan tetapi yang awalnya kita mengundang anak-anak sekolah yang ada disini, namun kenyataannya anak anak sanggar seni dari luar Kecamatan Ciemas pun bahkan hadir termasuk dari Bandung pun bisa hadir dan tampil di acara Sabilulungan ke-7 ini,”ungkapnya.

Endang Sutisna juga mengatakan, selain dari anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMA, bahkan besok akan tampil dari salah satu universitas dari Bandung yang akan memeriahkan acara Sabilulungan ke-7 tersebut.

Dan dari informasi yang dihimpun Awak Media onenewsoke.com, kegiatan Sabilulungan ke-7 ini, akan berlangsung selama 3 hari 2 malam, yang akan berkahir pada Minggu malam yang ditutup dengan pentas seni budaya Wayang golek.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *