Berita  

Pangdam III/Siliwangi Hadiri Peresmian Masjid Syarif Abdurachman

IMG 20230826 WA0097

ONENEWSOKE.com

CIREBON, – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko bersama Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Ny. Dwi Erwin Djatniko menghadiri peresmian masjid Syarif Abdurachman di area makam Sunan Gunung Jati, Desa Astana, Kec. Gunung Jati, Kab. Cirebon Jum’at (25/08/2023).

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang disampaikan kepada Sahabat Siliwangi, Sabtu (26/08/2023).

Peresmian masjid dilakukan oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin didampingi oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh Wapres.

Masjid Syarif Abdurachman berdiri diatas lahan 1.681 m2 dengan ukuran bangunan panjang 41 meter dan lebar 41 meter. Peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan oleh Kasad pada tanggal 24 mei 2022 dan proses pengerjaannya memakan waktu 18 bulan.

Nama Masjid Syarif Abdurachman diambil dari nama leluhur Bapak Dudung Abdurachman, yakni Syarif yang merupakan nama depan dari Syarif Hidayatullah salah seorang tokoh Walisongo, dan Syekh Abdurachman.

Ada hal menarik dalam proses pembangunan masjid tersebut, yaitu dipimpin dan dirancang oleh arsitek yang beragama Hindu, Brigjen TNI I Nengah Wiraatmaja. Hal itu menunjukkan bahwa toleransi beragama di wilayah Cirebon sangat tinggi.

Dalam sambutannya, Wapres RI mengatakan bahwa Masjid Syarif Abdurachman diharapkan menjadi pusat peradaban pembangunan Islam yang sesuai dengan prinsip – prinsip syariah.

Wapres juga mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kab. Cirebon agar masjid Syarif Abdurachman selalu dimakmurkan dan diramaikan serta menjadi pusat pembinaan dalam membangun peradaban Islam.

“Semoga peresmian masjid Syarif Abdurachman dengan arsitektur kearifan lokal khas Cirebon dapat membawa kesejukan, kedamaian serta kemajuan bagi masyarakat khususnya Kab. Cirebon,” tutur Wapres.

Kasad pada kesempatan itu, menyampaikan bahwa merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan karena peresmian Masjid Syarif Abdurachman dapat dilakukan secara langsung oleh Wapres.

Kasad berharap dengan berdirinya masjid Syarif Abdurrahman, dapat meningkatkan iman kepada Allah SWT serta menjadi berkah bagi seluruh masyarakat. (Pendam III/Siliwangi).

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *