Berita  

Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Giat Memperbaiki Daerah Irigasi Cibodas Sagaranten

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi memperbaiki Daerah Irigasi (DI) Cibodas di Kampung Cibodas Desa Gunung Bentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Kepala Desa Gunung Bentang, Jajat Sudrajat pembangunan DI Cibodas menggunakan anggaran sebesar Rp 3,5 M dan dikerjakan oleh pihak ketiga dengan waktu 180 hari kalender. Pengerjaannya sendiri, dimulai sejak akhir Juli 2023. Ia berharap, dengan adanya pembangunan irigasi yang dialiri Sungai Cibodas tersebut bisa meningkatkan produksi hasil pertanian.

“Kami atas nama warga, hanya sebagai penerima manfaat. Bahwa DI Cibodas merupakan sumber pengairan lahan pertanian dengan luas sekitar 35 hektare. Selain di Desa Gunung Bentang, juga mengairi pesawahan di Desa Sinar Bentang, Kecamatan Sagaranten diperkirakan 50 hektare,” kata Jajat, Jumat (11/8/2023).

Sementara itu, pelaksana dari CV. Insan Karya Mandiri, Eryck Afriady membenarkan anggarannya mencapai Rp3,5 Miliar. Pengerjaannya meliputi selimut beton di bendungan, saluran beton, talang besi, perbaikan sadap, hingga pengerjaan TPT.

“Ada yang rehab ada yang bangun, termasuk saluran beton. Terkait persentasenya, saya belum tahu persis, harus ke konsultan,” jelasnya.

Terpisah, Kabid SDA Dinas PU Kabupaten Sukabumi Adi Setia Nugraha membenarkan bahwa kegiatan pengerjaan di DI Cibodas Desa Gunung Bentang menggunakan anggaran DAK dari Dinasnya.

“Betul, itu dari Dinas PU, menggunakan anggaran DAK,” ujarnya singkat.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *