Berita  

Baksos Bertajuk “Karya Bhakti Negeri”, Digelar PLTU Indonesia Power Jabar 2 Yang Menggandeng SMSI Sukabumi Raya

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Wujudkan tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan dan sosial melalui Coporate Social Responsibility (CSR), PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu PGU menggelar Bakti sosial, Rabu (31/05/2023).

Dalam kegiatan bertajuk Karya Bhakti Negeri tersebut, PLTU menggandeng berbagai mitra strategis, diantaranya Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sukabumi Raya.

Perhelatan sosial tersebut diwujudkan dalam bentuk pemeriksaan dan pengobatan gratis serta pembagian sembako dan bazaar murah serta bertempat di halaman Dormitory Pondok Thermal, PLTU Palabuhanratu.

Bakti sosial menyasar masyarakat sekitar terutama yang masuk ke ring satu, meliputi dua kecamatan yaitu Palabuhanratu dan Kecamatan Simpenan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, GM PLTU Palabuhanratu beserta jajaran, IDI Kabupaten Sukabumi, FORKOPIMCAM, para Kades/Lurah ring satu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna dan seluruh masyarakat penerima manfaat.

Asisten Umum/Humas PLTU Palabuhanratu, sekaligus selaku panitia pelaksana Asep Tresna menyatakan, bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan PLTU Palabuhanratu ini rutin setiap tahun digulirkan, demi menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar.

“Program rutin ini diberikan dengan target 1000 masyarakat penerima manfaat, terutama yang berada di ring 1, dengan formulasi pembagian tiga tahap”, katanya.

Tahapan pembagian CSR itu adalah; tahap 1 Desa Jayanti dan Kelurahan Palabuhanratu, tahap 2 Desa Jayanti dan Desa Citarik serta tahap 3 Desa Cidadap dan Desa Loji.

Sementara itu, GM PLTU Palabuhanratu Rizki Priatna dalam sambutannya menyampaikan, pembagian CSR ini adalah agenda rutin yang biasa dilakukan perusahaan. Perusahaan sendiri membagi tiga komponen peruntukkan yaitu; Pelayanan masyarakat yang meliputi pengobatan gratis dan pembagian sembako, Pembinaan masyarakat yang meliputi bantuan ke Masjid, mushola, lembaga pendidikan dan lembaga keagamaan, Pemberdayaan masyarakat yang meliputi pembersihan dan pengolahan sampah, pemberian mesin, penyediaan air bersih dan pembinaan UMKM.

“Kami ingin membuktikan bahwa kehadiran PLTU ini ada manfaatnya bagi masyarakat, sehingga kami konsen dengan program keberpihakan terhadap masyarakat, salah satunya 90% karyawan disini adalah masyarakat sekitar ring satu”, ungkapnya

Lanjut GM, karena PLTU ini merupakan objek vital nasional, untuk itu belaiu mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersinergi me jaga aset negara, karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak, terlebih pasokan listrik dari PLTU ini bukan hanya untuk daerah Sukabumi, tetapi juga meliputi daerah Bogor, Depok dan Cianjur.

Ditemui koresponden, salah satu penerima manfaat yang hadir Aan Juminah (69) tahun, belaiu merasa gembira dengan adanya kegiatan ini, terlebih dengan kondisi beliau yang mempunyai riwayat penyakit batuk, awak nafas dan lambung bisa berobat secara gratis.

“Saya menyambut baik dengan adanya Bhaksos ini, selain berobat gratis saya juga dapat kupon untuk sembako gratis, “hatur nuhun kanggo PLTU” (terima kasih buat PLTU-red), imbuh warga Cipatuguran RT 04/20 ini.

Terpantau, masyarakat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena selain Baksos pengobatan gratis dan pembagian sembako, juga ada bazar murah yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *