Terbukti Melakukan Pungli di Objek Wisata, 10 Orang Parkir Liar Diamankan Tim Saber Pungli Kabupaten Sukabumi

GridArt 20230425 225048016 01

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Sepuluh (10) orang diduga pelaku pungutan liar (PUNGLI) terhadap wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata di Kabupaten Sukabumi, diringkus Tim Saber Pungli Kabupaten Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede melalui Ketua Saber Pungli Kabupaten Sukabumi Kompol Septa Firmansyah mengatakan para pelaku diamankan dari tiga lokasi.

“Mereka kita amankan dari Pantai Palampang Geopark Ciletuh Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas kemudian di lokasi wisata Curug Cimarinjung Kecamatan Ciemas dan Jalan raya Gunung Sumping, Desa Citepus Kecamatan Palabuharatu Kabupaten Sukabumi,” kata Septa dalam keterangan yang diterima Awak Media, pada Selasa (25/4/2023).

Adapun untuk modus yang dilakukannya, Septa mengatakan mereka memungut restribusi dengan alasan untuk parkir dan kebersihan. Sementara di di Palabuhanratu para pelaku memungut uang kepada para wisatawan yang melewati jalan tikus dengan nominal uang antara Rp 5000 sampai dengan Rp. 10.000.

“Dari lokasi Pantai Palampang kami mengamankan pelaku inisial U, US dan D dengan barang bukti uang sebesar Rp 4.498.000,-,  dari lokasi Curug Cimarinjung diamankan inisial R, S, dan RU dengan barang bukti sebesar uang Rp. 780.000 sedangkan dari lokasi Jalan Raya Gunung Sumping, petugas mengamankan 4 empat orang masing-masing A, D, DE, dan I, dengan barang bukti sejumlah uang,”ungkap Septa.

“Kepada para pelaku pungli, pihak kami akan melakukan pembinaan dengan berkoordinasi dengan pihak Pokja Yustisi,”tutupnya.

Kemudian, dengan adanya peristiwa pungli  tersebut. Salah satu warga Geopark Ciletuh yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan pada Awak Media

“Saya masyarakat Ciletuh, berharap kepada Tim Saber Pungli untuk menuntaskan penyidikan pungli yang terjadi cukup lama,  supaya bisa dituntaskan. Dimana selama ini uang hasil pungli itu terkumpul dan diatur pembagiannya?, supaya masyarakat tau hari ini yang terkumpul dan terbukti cuman 4 sekian juta hasil pungli, yang kebelakang dikemanakan, “celotehnya.

Reporter : Asep Erwan

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *