Berita  

Bazar Ramadhan Culinary 1444 H, Ditutup Wabup Sukabumi

FB IMG 1681615432214

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menutup Bazar Cullinary Ramadhan 1444 hijriah di area parkir Sukabumi Craft Center (Gerai Dekranasda), Sabtu,15/04/23. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Dekranasda dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi.

Bazar Culinary Ramadan 1444 Hijriyah Dekranasda berlangsung selama dua pekan dari mulai tanggal 2-15 April 2023

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 40 stand UMKM yang menjajakan berbagai takjil dan makan siap saji khas Ramadan. Bahkan kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan Pemkab Sukabumi dan PT. Pemodalan Nasional Madani (PNM) ini, terdapat berbagai perlombaan, seperti lomba adzan, mewarnai, hingga fashion show.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan, kegiatan tersebut berjalan sukses dan lancar.

” Ini berkah Ramadhan. Setiap hari bazar dipenuhi masyarakat yang mencari aneka makanan berbuka puasa. Sehingga, omset kami cukup besar,” terangnya.

Tak hanya produk makanan, kerajinan di Gerai Dekranasda pun penjualannya meningkat selama pelaksanaan bazar. Bahkan, penjualannya lebih besar dari hari biasa.

” Gerai Dekranasda pun kebagian untung akibat bazar ini.

Menurutnya, sekitar 400 orang menghadiri lokasi bazar setiap harinya. Baik masyarakat Kabupaten atau Kota Sukabumi yang sengaja datang ke bazar.

” Animo masyarakat yang tinggi untuk hadir ke bazar, membuat sejumlah pelaku UMKM lainnya ingin bergabung juga,” jelasnya.

.” Semoga juga, bazar ini menjadi agenda tahunan. Apalagi, tujuannya untuk mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia,” pungkasnya.

Wakil Bupati dalam sambutanya mengaku, bersyukur telah terlaksananya kegiatan bazar ini. Kegiatan ini mampu memunculkan potensi dan peluang yang dimiliki Kabupaten Sukabumi.

” Kegiatan semacam ini harus disikapi dinas terkait. Terutama untuk mewujudkan bela beli produk UMKM,” ujarnya.

Maka dari itu, kegiatan bazar dalam rangka mengenalkan produk UMKM Kabupaten Sukabumi bisa terus dilaksanakan. Sehingga, masyarakat bisa lebih mengenal produk-produk UMKM.

” Bazar seperti ini tidak hanya di ramadhan saja, namun harus menjadi rutinitas. Bila perlu, setiap bulan setiap wilayah mengadakan bazar untuk mengenalkan produk UMKM,” ucapnya.

Akhirnya saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kab Sukabumi untuk bangga menggunakan produk lokal dengan cara bela beli produk UMKM Kab Sukabumi .

Langkah ini diyakini mampu mendongkrak laju perekonomian domestik yang berdampak besar pada peningkatan kesejahtraan masyarakat yang sejalan dengan visi pemerintah Kab Sukabumi yakni ”Mewujudkan Kab Sukabumi yang religius ,maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtra lahir dan batin”

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan selama bazar berlangsung seperti lomba adzan, mewarnai, Fashion show dan Stand terbaik juga pemberian santunan bagi anak yatim sebanyak 50 orang dan diberikan secara simbolis kepada 10 orang penerima

Hadir pada acara tersebut Para Kepala Perangkat daerah, Kepala BUMN, dan undangan lainnya.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *