Berita  

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Kunjungi Gelar Saji 1000 Tumpeung di Desa Gunung Karamat

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara beserta rombongan kunjungi acara Gelar Saji 1000 Tumpeung yang di gelar di Alun-alun Desa Gunung Karamat Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/3/2023).

Acara Gelar Saji 1000 Tumpeng ini, selain di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, hadir pula Ketua Fraksi Gerinda Usep Wawan, Kapolsek Cisolok, Danramil Cisolok dan Forkompinca Kecamatan Cisolok.

Acara ini di gelar di Alun-alun Desa Gunung Karamat, dan semenjak pukul 07.00wib pagi, warga desa gunung Karamat sudah memadati Alun-alun tersebut sambil membawa Tumpeung untuk di sajikan ke bagian panitia penyelenggara. Dan ternyata tumpeng-tumpeng itu di buat oleh masyarakat gunung Karamat itu sendiri yang telah di bagi dari beberapa kedusunan.

Menurut Kepala Desa Gunung Karamat Subaeta bahwa acara gelar Saji 1000 tumpeng ini  merupakan acara rutinan setiap tahun yang di gelar sebelum bulan Ramadhan dan semuanya merupakan hasil dari swadaya masyarakat desa gunung Karamat.

“Acara gelar Saji 1000 tumpeng ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang di selenggarakan sebelum bulan Ramadhan atau puasa, kenapa di sebut gelar Saji, ya di sajikan untuk di makan bareng. ya kita anggap ini mah Papajar aja, dari pada papajar kemana – mana udah saja di sini makan tumpeng bersama,”tutur Subaeta

Untuk tumpeng-tumpeng ini, Lanjut Subaeta ” Di dapat dari hasil Swadaya masyarakat desa gunung Karamat yang di bagi 7(tujuh) kedusun, dan setiap dusun kebagian bikin 150 tumpeng dan harus di bikin induk tumpeng nya buat nanti di potong di acara Ceremonialnya,”imbuhnya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara, sangat mengapresiasi acara gelar Saji 1000 tumpeng tersebut dan mengharapkan kegiatan ini terus di kembangkan dan di jadikan agenda tahunan.

“Alhamdulilah sekarang saya berada di desa gunung Karamat bersama pa kades Viral yang menyelenggarakan gelar Saji 1000 tumpeng, sudah dua tahun acara ini di selenggarakan luar biasa dan terus nanti kedepannya juga di laksanakan dan bisa di jadikan agenda tahunan”Terang Yudha saat di konfirmasi awak media Onenewsoke usai acara.

“Desa gunung Karamat ini tentunya punya potensi yang bagus, pemandangannya indah, masyarakatnya ramah dan kepala desanya luar biasa, tapi memang ada satu PR buat kita khususnya DPRD yaitu jalannya harus bagus. dan nanti low akses jalan sudah bagus pasti  akses wisata akan naik dan untuk mengangkut hasil bumi akan mudah,”tutur Yudha

Terakhir Yudha pun mengucapkan banyak terimakasih kepada kepala Desa Gunung Karamat dan masyarakatnya yang telah  mengundang dan menyambutnya dengan baik

“Saya sangat bangga dan senang, terimakasih kepada  Kepala Desa yang telah mengundang saya dan tadi juga telah bertemu dengan masyarakat, dan Insyallah nanti saya akan kembali lagi dan bertemu lagi dengan masyarakat di dalam  kesempatan yang lain,”pungkasnya.

Reporter: Asep Erwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *