Berita  

Hadiri West Java Digital Service Internasional Festival, Wabup Ungkapkan Hal Ini !

FB IMG 1671844471302

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyebutkan, Indek Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) daerahnya berada di angka 3,1. Angka tersebut dianggap tidak begitu jauh dengan Sumedang yang menjadi terbaik di Jawa Barat.

“Sumedang yang terbaik, indeks SPBEnya di angka 3,8. Sementara kita di angka 3,1 ,” ujarnya usai menghadiri kegiatan West Java Digital Service Internasional Festival 2022 di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang pada Kamis (22/12/2022).

Menurutnya, SPBE menjadi sangat penting. Apalagi di era yang harus serba digital seperti saat ini.

“Digitalisasi harus segera dibumikan di setiap daerah. Semua itu untuk percepatan pembangunan. Baik dalam kebijakan maupun pelaksanaan,” ucapnya.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, SPBE menjadi hal yang sangat diperlukan saat ini. Semua itu untuk transparansi dan mencegah korupsi serta ketidakefisiensian.

“Digitalisasi ini dapat mengurangi tatap muka. Hal itu lebih efisien dan mengurangi korupsi. Namun kuncinya ada diintegrasi. Jadi, semua harus terintegrasi,” ungkapnya.

Apalagi, teknologi sudah begitu maju. Sehingga, berbagai hal bisa dilakukan secara digital.

“Pengadaan barang dan jasa bisa digital dan semuanya dibuat transparan. Sehingga, tidak bisa macam-macam,” terangnya.

Bahkan, sistem digital yang transparan ini, bisa mengefisienkan segala hal. Termasuk mencegah korupsi.

“Dampak baiknya, pemasukan negara bisa lebih besar. Selain itu, bisa menghemat berbagai hal. Jadi, mari bangun mental baru untuk Indonesia yang lebih bagus,” pungkasnya.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *