Berita  

Anggota DPR RI Komisi XI, Hadiri Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI, – Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Gerindra Heri Gunawan, menjadi narasumber di acara Workshop Evaluasi Pengolahan Keuangan dan Pembangunan Desa, yang resmi di buka oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, pada Jum’at ( 18/11/2022).

Dalam Workshop ini selain Heri Gunawan yang menjadi narasumber, ada lagi diantaranya diantaranya, Dirjen Bina Pemerintahan Desa dari Kemendagri, Kepala KPPN Sukabumi dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, serta para peserta Workshop. Dihadiri pula oleh para Camat dan Kepala Desa yang ada di wilayah kota dan kabupaten Sukabumi.

Dalam hal ini tujuan di adakanya Workshop ini yaitu sebagai barometer ,dimana melalui workshop tersebut para camat dan kepala desa dapat memahami cara pengolahan keuangan yang benar yang sesuai dengan peraturan perundang undangan .

Dalam penerangannya Heri Gunawan menyampaikan dengan adanya Workshop ini para kepala desa bisa memahami cara pengolahan keuangan Dana Desa,yang nantinya bisa bermanfaat buat masyarakatnya itu sendiri dan di harapkan adanya keterbukaan ,transfaran dan Akuntable.

“Di acara Workshop hari ini,kebetulan saya berada di komisi XI dan bermitra dengan BPKP,dan saya meminta agar dilaksanakan workshop dan sosialisasi terhadap para kepala desa,terkait masalah pengolahan keuangan dana desa,agar dana desa bisa dimanfaatkan lebih baik,dan penggunaanya harus transfaran dan Akuntable.dan prinsipnya agar dana desa tersebut bisa bermanfaat buat pertumbuhan ekonomi di desanya itu sendiri” Terang Hergun saat di wawancarai oleh para awak media.

Mengenai hasil evaluasi,Lanjut Heri “kami akui mengelola desa itu tidak mudah ada beberapa kendala di dalamnya terkait masalah patokan pencairan dana desa karena desa di anggap daerah otonom,sehingga dana desa bisa di gunakan tergantung dari karakteristik desa itu sendiri,sehingga ADD yang di cairkan bisa memberikan manfaat lebih.dan intinya dari BPKP harus bisa memberikan sedikit pengaran dan penjelasan terkait masalah anggaran Dana Desa tersebut” Tambah Heri Gunawan ,Komisi XI DPR RI dari Fraksi Gerindra

Harapan Heri yang terakhir dengan adanya Workshop ini ,semua para kepala desa yang ada di kota dan kabupaten Sukabumi ini bisa menjadi desa yang mandiri dan bisa memanfaatkan dana desanya untuk kemajuan desanya itu sendiri.

“Harapan saya dengan adanya Workshop ini yaitu bisa di cerna oleh para kepala desa,tentunya dari APIP ataupun Inspektorat,dari BPKP ataupun dari KPPM selaku pihak yang mencairkan Dana Desa di bawah Dirtjen pembendaharaan ,bisa memberikan pemahaman ke para kepala desa,giliranya dana desa yang di gunakan itu lebih transparan dan akuntable,dan bisa memberikan manfaat untuk warga desanya itu sendiri” Pungkas Heri

Reporter : Asep Erwan

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *