Peresmian Curug Sodong di Ciemas, Bupati Didampingi Kadis Pariwisata Kabupaten Sukabumi

GridArt 20220905 091604421 01 scaled

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI _ Sigit Widarmadi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, dampingi Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, dalam agenda peresmian destinasi wisata Curug Sodong, yang berlokasi di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (04/08/2022)

Prosesi peresmian kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda. Sebelum meresmikan, H. Marwan bersama forkopimda hingga perangkat daerah mengendarai motor dari Ujunggenteng ke kawasan Curug Sodong. Mereka touring bersama di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) sambil melewati spot-spot pemandangan yang indah.

Perlu diketahui bersama, untuk saat ini destinasi wisata yang berada di kawasan CPUGGp, telah memiliki wajah baru yang lebih representatif bagi wisatawan. Hal itu setelah mendapatkan revitalisasi. Berbagai fasilitas telah tersedia secara lengkap di area Curug Sodong mulai dari bale atau gazebo, mushola, menara pandang, hingga amphitheater.

Tak hanya itu, parkiran pun cukup luas. Bahkan terdapat warung warung yang tertata dengan baik serta menjual produk UMKM. Bagi masyarakat yang ingin lebih lama menikmati suasana di Curug Sodong, bisa menginap di homestay sekitar area tersebut.

H. Marwan Hamami mengaku bersyukur di HUT daerahnya yang ke152 tahun, bisa menambah fasilitas layanan kepada masyarakat. Salah satunya, kawasan Curug Sodong yang telah direvitalisasi.

“Di sini telah ada fasilitas yang sangat lengkap, mari kita pelihara bersama. Buat masyarakat yang datang ke sini kerasan. Sehingga, mereka bisa mengajak orang lain agar berdatangan ke sini,” ujarnya.

Revitalisasi ini bukan sekadar mempercantik kawasan Curug Sodong. Namun, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Wisatawan bisa menikmati fasilitas di sini. Dengan tingginya pengunjung, warga setempat pun harus lebih sejahtera. Masyarakat bisa menyediakan homestay hingga berjualan kepada wisatawan,”ucapnya.

Maka dari itu, H. Marwan mengajak semua pihak untuk bersama – sama merawat kawasan ini termasuk masyarakat sekitar pun bisa lebih peduli.

“Tempat ini merupakan milik bersama. Jadi harus kita rawat bersama-sama,”ungkapnya.

Selain itu, dirinya mengajak masyarakat untuk memunculkan setiap potensi di desa. Sehingga, potensi itu bisa menjadi andalan dan dapat menyejahterakan masyarakat.

“Seperti keberadaan Curug Sodong ini, minimal perekonomian masyarakat terungkit,”pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengatakan, Curug Sodong ini telah direvitalisasi pada akhir Desember 2021. Sehingga, kondisinya bisa sebaik saat ini.

“Pasca revitalisasi, pembelian tiket pun dilakukan secara digital menggunakan barcode. Sehingga, lebih memudahkan dari sisi pembelian dan pengawasan. Pembelian tiket ini bekerjasama dengan Bank BJB,”terangnya.

Dirinya berharap, perekonomian masyarakat semakin terangkat pasca revitalisasi ini.

“Semoga tempat ini bermanfaat dan perekonomian masyarakat sekitar terangkat,” harapnya

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman dikukuhkan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami sebagai ketua Satgas Konservasi Sumber Daya Alam. Selain itu terdapat penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Sukabumi dengan BPDAS Citarum Ciliwung yang ditandatangani Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Berbagai penyerahan pun dilakukan oleh H. Marwan mulai dari pemberian alat mesin pertanian, pupuk cair organik, bantuan bagi disabilitas, makanan olahan ikan, perlengkapan keselamatan lapangan, hingga pemberian doorprize. Selain itu, dilakukan penyerahan santunan kepada yatim piatu dan THL di Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan diakhiri dengan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan di area Curug Sodong.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *