Berita  

Harnas UMKM Tingkat Kabupaten Sukabumi Digelar, Ini Tanggapan Bupati Marwan

ONENEWSOKE.com

SUKABUMI _ Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri kegiatan Hari Nasional (Harnas) UMKM tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2022 di GOR Pemuda Cisaat, Senin, 22 Agustus 2022.

Kegiatan bertema “UMKM Sukabumi tancap gas menuju Sukabumi sejahtera lahir batin” ini, sekaligus gathering Paguyuban UMKM daerah dimana peserta yang hadir merupakan para pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami mengatakan, UMKM merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional. Apalagi, UMKM sudah terbukti kuat dan bertahan di berbagai situasi gejolak ekonomi.

“UMKM hingga saat ini masih bertahan dan nampak, meskipun diterpa berbagai gejolak ekonomi. Seperti halnya pandemi covid 19,” ujarnya.

Meskipun begitu, UMKM harus terus didorong untuk semakin maju. Salah satunya dengan mengikuti berbagai perkembangan zaman.

“UMKM harus terus berinovasi dan bertransformasi. Termasuk di era digital seperti saat ini,” ucapnya.

Tak hanya itu, kemasan produk dan olahan pun harus semakin baik. Apalagi, kemasan menjadi salah satu kunci untuk menarik minat konsumen.

“Jadi harus banyak inovasi produk. Hal itu bisa dimulai dari kemasan yang sangat bagus,” ungkapnya.

Para pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi tidak perlu khawatir untuk saat ini. Sebab, telah ada Paguyuban UMKM Kabupaten Sukabumi yang akan membantu untuk lebih maju.

“Kalau sudah ada paguyuban, pelaku UMKM sudah terwadahi. Ketika ada kesulitan, akan mudah berkomunikasi dan menyelesaikan permasalahannya,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan pun mengajak paguyuban bersinergi dengan BUMD Kabupaten Sukabumi. Terutama dalam memasarkan produk dan lainnya.

“BUMD di Kabupaten Sukabumi bisa disinergikan dengan paguyuban untuk memajukan UMKM,” terangnya.

Ketua Paguyuban UMKM Kabupaten Sukabumi Imelda mengatakan, organisasinya hadir untuk menumbuhlan UMKM. Sehingga, para pelaku UMKM bisa berjuang, maju dan besar bersama-sama.

“Kami berusaha menciptakan yang terbaik. Sehingga, UMKM di Kabupaten Sukabumi bisa naik kelas,” jelasnya.

Apalagi, kehadiran paguyuban untuk menciptakan jaringan. Hal itu untuk membantu meningkatkan penjualan, hingga memperbaiki produk agar semakin berkembang.

“Mari kita bersatu memajukan usaha menjadi lebih kuat. Sehingga, bisa menghadapi persaingan global,” bebernya.

Panitia Kegiatan Kohar Arifin mengatakan, acara ini tidak sekadar memperingati Harnas UMKM. Namun, dijadikan ajang mempererat silaturahmi dan bertukar informasi terkait kegiatan UMKM.

“Di sini kita bisa saling bertukar informasi terkait izin usaha, pelatihan, ataupun hal lainnya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan izin usaha secara simbolis oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami kepada pelaku UMKM.

Editor: (*ONE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *