GARUT, ONENEWSOKE.COM

Misbach Somantri Mantan anggota DPRD Garut yang telah 13 tahun menjadi buronan akhirnya berhasil ditangkap. Misbach ditangkap dua hari lalu yakni pada Kamis 9 September 2021 oleh pihak jajaran  Kejaksaan Negeri Garut di kediamannya.

Misbach Somantri kabur usai dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi Anggaran Makan Minum (Mamin) dan Perjalanan Dinas Tahun Anggaran 2001-2004 Kabupaten Garut, Sabtu (11/9/2021).

“Perihal penangkapan terhadap Misbach tersebut dibenarkan Neva Sari Susanti pihak Kejari Garut”.

Neva menjelaskan Misbach dulunya terlibat kasus korupsi Anggaran Makan Minum (Mamin) dan Perjalanan Dinas Tahun Anggaran 2001-2004 lalu, dan sempat menjalani persidangan.
Misbach dan rekannya diketahui merugikan Negara hingga Rp.6 miliar, katanya.

Bersama dengan belasan rekan-rekannya yang lain, Namanya tercantum dalam Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Misbach dan rekannya sesama anggota DPRD Garut, saat itu divonis empat tahun penjara.

“Pria kelahiran 4 Mei 1945 tersebut merupakan anggota DPRD Garut periode 2001-2004 dari fraksi Partai Bulan Bintang (PBB).
Usia Misbach sudah tak lagi muda, Sudah 76 tahun saat ditangkap”, ujarnya.

Kejari Garut menerima lnformasi bahwa Misbach sedang berada di Garut, proses penangkapan pun dilakukan. Selama 13 tahun buron Misbach diketahui berada di luar Garut. Saat ditangkap pun Misbach harus dibantu kursi roda untuk bisa berjalan.

“Hari ini Kami berhasil menangkap seorang DPO yang sudah 13 tahun buron, ia sebelumnya terlibat kasus korupsi,” ujarnya saat diwawancarai awak media Kamis malam”, terang Neva.

Saat mengetahui Misbach berada di Garut, Tim Kasi Intel yang dipimpin oleh Slamet Haryadi pun bergegas melakukan pengintaian.
Misbach pun akhirnya bisa ditangkap di kediamannya yang berada di wilayah Kecamatan Pangatikan Garut, imbuhnya.

Reporter : (rach)
Editor : Satrio PS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here