PADANG, onenewsoke.com

Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 yang merupakan menindaklanjuti Surat Perintah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Nomor: PAS.UM.01.01-42 tanggal 16 Juni 2021, tentang koordinasi untuk akses Vaksinasi Covid-19 bagi Petugas Pemasyarakatan, Tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepada Pemda setempat, dan atensi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumater Barat terkait pelaksanaan Serbuan Vaksin Kanwil Sumbar diseluruh Unit Pelaksana Teknis, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang kembali lakukan vaksinasi Tahap II bagi seluruh petugas pemasyarakatan dan warga binaan yang belum peroleh vaksin kedua pada, Selasa (10/8/2021).

Tampak Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat Muhammad Ali Syeh Banna didampingi Kalapas Kelas IIA Padang Era Wiharto beserta jajaran memantau langsung pelaksanaan kegiatan Sebuan Vaksin Tahap II yang dilaksanakan di Hall Lapas Kelas IIA Padang tersebut.

Kadivpas Muhammad Ali Syeh Banna menyampaikan apresiasinya terhadap semangat jajaran yang ada di Lapas Kelas IIA Padang atas upaya yang telah dilakukan dalam memberikan layanan vaksinasi bagi petugas pemasyarakatan, warga binaan dan masyarakat umum.

“Dalam rangka dukung pemerintah cegah penyebaran Covid-19, lakukan vaksinasi bagi seluruh petugas dan WBP merupakan salah satu langkah progresif untuk mencapai tujuan tersebut. Terima kasih kepada seluruh jajaran Lapas Kelas IIA Padang yang telah melaksanakannya dengan baik sehingga hampir 100% WBP telah divaksinasi hingga hari ini,” tutur Kadivpas.

Kepala Lapas Kelas IIA Padang menyatakan kegiatan vaksinasi massal ini merupakan bentuk dukungan Lapas Kelas IIA Padang dalam mencegah penyebaran Covid-19. “Sebanyak 250 vaksin untuk kuota kegiatan vaksinasi massal hari ini. Target utama adalah memberikan vaksinasi bagi petugas dan WBP yang belum memperoleh vaksin dosis ke-2. Sisanya dibuka untuk masyarakat umum,” jelas Kalapas Era.

“Kita akan terus berupaya, jelasnya lebih lanjut, untuk cegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas dan Kota Padang khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Terima kasih kepada Tim Kesehatan Lapas Kelas IIA Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang dan Kodim 0312/Padang yang telah mendukung pelaksanaan vaksinasi massal di Lapas Kelas IIA Padang selama ini,” ungkap Kalapas Era Wiharto.

Lapas Kelas IIA Padang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi sebanyak delapan kali baik bagi petugas, warga binaan dan masyarakat umum bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang dan Kodim 0312/Padang dalam program Serbuan Vaksin Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat.

Terhitung tanggal 10 Agustus 2021, Lapas Kelas IIA Padang dihuni oleh 950 orang WBP. Total WBP yang sudah melakukan vaksin pertama sebanyak 937 orang (98,63 %) yang mana 13 orang sisanya di tunda untuk divaksinasi dikarenakan alasan medis. Selain itu, total WBP yang sudah melakukan vaksin kedua sebanyak 929 orang (97, 78 %) yang mana 21orang di tunda untuk divaksinasi disebabkan alasan medis. Sementara itu, total sebanyak 288 orang masyarakat umum telah dilakukan vaksinasi Covid-19 Tahap I dan II.

Pelaksanaan vaksinasi Tahap II hari ini berjalan dengan tertib dan kondusif berkat pengamanan yang ketat dari jajaran pengamanan Lapas Kelas IIA Padang dan tim Kodim 0312/Padang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Semoga dengan telah dilakukannya vaksinasi bagi seluruh petugas, WBP dan masyarakat di lingkungan Lapas Kelas IIA Padang dapat mencegah munculnya cluster baru baik di dalam lapas, maupun dilingkungan sekitar lapas.


Koresponden : (Rel/Ag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here