JAYAPURA, onenewsoke.com

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan yang di dampingi oleh Kepala Staf Korem 172/PWY Kolonel Inf Wempi Ramandei beserta para Kasi Korem 172/PWY, menerima arahan Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Helat arahan Presiden yang digelar di Makorem 172/PWY, yaitu perihal Rapat Evaluasi Perkembangan dan Tindak Lanjut PPKM Level IV di wilayah luar Jawa-Bali secara Virtual. Dan juga diikuti oleh 21 Gubernur dan 70 Bupati atau Walikota diluar Jawa dan Bali melalui virtual Zoom Meeting, Sabtu 7 Agustus 2021.


Dalam arahannya, Presiden meminta Kepala Daerah di luar Jawa-Bali, untuk memberikan perhatian khusus terkait kenaikan kasus Covid-19. Selama dua minggu terakhir terjadi lonjakan kasus-kasus baru di Provinsi di luar Jawa-Bali.

Tercatat bahwa per tanggal 25 Juli 2021 kenaikan kasus diluar Jawa-Bali sebanyak 13.200 kasus atau naik 34 persen secara nasional. Lalu pada tanggal 1 Agustus 2021 sebanyak 13.589 kasus atau naik sebesar 44 persen secara nasional dan hingga tanggal 6 Agustus 2021 sebanyak 21.374 kasus atau naik menjadi 54 persen kasus secara nasional.
Adapun daerah di luar Jawa-Bali dengan peningkatan kasus tinggi yaitu Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau.

Ada 3 hal penting yang diungkapkan Presiden Jokowi yang harus segera direspon secara cepat dalam menangani lonjakan kasus saat ini, yaitu :

1. Menurunkan Mobilitas masyarakat kurang lebih selama 2 minggu untuk menekan lonjakan kasus terpapar Covid-19.
2. Testing dan Tracing dipercepat agar segera ditemukan yang terkonfirmasi positif Covid-19 serta segera dilaksanakan isolasi terpusat dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas di daerah masing-masing seperti gedung sekolah, balai dan gedung-gedung olahraga.
3. Percepatan Vaksinasi, vaksinasi diharapkan terus berjalan dan disuntikkan langsung kepada seluruh masyarakat.

Kemudian rapat dilanjutkan dan dipimpin oleh Menko Perekonomian bersama Menteri terkait, yaitu : Menkes, Mendagri, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Paglima TNI dan Kapolri menjabarkan lebih teknis arahan Presiden RI.

Sementara itu, menggapi arahan dari Presiden Jokowi, Danrem 172/PWY memberikan penekanan kepada seluruh jajarannya untuk mendukung serta membantu pemerintah dalam melaksanakan arahan Presiden RI dalam mengatasi lonjakan kasus Covid-19 khususnya di Provinsi Papua. (*One)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here