Uncategorized  

Sejumlah Wartawan Datangi Mapolres Sukabumi Minta Keterangan Perihal Kasus Anggota Apdesi Kabupaten Sukabumi

IMG 20210215 WA0222

Sukabumi,onenewsoke.com

Permasalah hukum yang menyangkut Ojang Apandi salah satu oknum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi yang ditangani pihak kepolisian Polres Sukabumi masih menimbulkan tanya di sejumlah kalangan Wartawan.

Pasalnya, orasi Ojang yang menyinggung LSM dan Media beberapa waktu lalu dan sempat di laporkan ke kepolisian hingga sejauh ini dirasa belum menemukan titik terang.

Oleh sebab itu, beberapa Wartawan yang mewakili puluhan awak media berinisiatif untuk menyambangi Mapolres Sukabumi guna meminta kembali kejelasan mengenai perkembangan masalah hukum yang di tindak lanjuti itu.

Dalam kesempatan tersebut, pihak kepolisian menjelaskan bahwa laporan pengaduan terhadap saudara Ojang Apandi sudah di cabut oleh pelapor yakni atas nama Yudi Suyudi Ketua Umum Komunitas Wartawan Sukabumi (Kowasi).

Selain itu, pernyataan kontroversi Ojang menurut Yusuf sebagai ahli bahasa yang dihadirkan pihak kepolisian dari Provinsi menyebut bahwa hal itu tidak mengandung unsur pidana, maka dari itu polisi menghentikan sementara perkara hukum tersebut.

Mengetahui hal itu, Ketum PSN Iwan Sugiyanto merasa kaget serta geram dengan sikap yang diambil sepihak oleh Ketum Kowasi tanpa melibatkan yang lain dalam proses islah tersebut.

Padahal menurutnya, dia merupakan salah satu yang turut mendampingi pelaporan ketika itu perwakilan dari organisasi Pers Sukabumi Ngahiji (PSN) selain dari Kowasi dan PWRI juga rekan media lainnya.

IMG 20201125 WA0157
Waktu pembuatan Lapdu di Polres sebelumya.Ketum PSN,Kowasi dan perwakilan PWRI

“Saya sangat menyesalkan dan merasa dikhianati atas perjuangan semua temen-temen yang tidak hanya insan pers dan LSM yang ada di Sukabumi tetapi juga dari luar daerah yang pada saat itu turut mengawal proses hukum tersebut,” ujarnya usai mendatangi Mapolres Sukabumi, Senin (15/2/2021).

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Rizal Pane (Penasehat Kowasi saat itu),yang saat ini sudah menyatakan sikapnya keluar dari organisasi itu dengan menunjukan surat pengunduran dirinya.Dia menyerukan agar lembaga Kowasi ini dibubarkan lantaran telah mencoreng nama baik insan pers di Sukabumi khsusnya.

“Perlu di ingat bahwa lembaga insan pers di Sukabumi ini bukan hanya kowasi saja, maka dari itu saya sepakat untuk langkah selanjutnya kita akan membuat kembali Laporan pengaduan.”pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, jagat maya dibuat gaduh dengan beredarnya video sejumlah oknum kades yang mengatasnamakan dari organisasi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi yang diduga akan melawan LSM dan Media yang di anggap kerap mengobok-obok kepala desa.

“Kami yang tergabung dalam Apdesi Kabupaten Sukabumi menyatakan, akan melawan LSM dan Media yang selalu mengobok-obok kepala desa, merdeka, merdeka, Allohu Akbar, Allohu Akbar,” begitu orasi dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu, di halaman kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, (24/11/2020).

Wartawan : Anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *