SUBANG, onenewsoke.com.

Satu rumah milik warga di Pabuaran, Desa Karanghegar-Subang ambruk.
Rumah tersebut ambruk diduga karena atap rumah sudah lapuk sehingga tak kuat menahan derasnya air hujan yang disertai angin kencang pada Minggu (31/1/2021) kemarin.

Kepala BPBD Kabupaten Subang, Hidayat kepada awak media mengatakan, Ambruknya rumah tersebut merupakan imbas dari derasnya hujan, Senin (1/2/2021).

“Kami menerima laporan Minggu malam, Kejadiannya diperkirakan sekira Pukul 15.30 WIB dan Alhamduillah tidak ada korban jiwa. Pada saat kejadian penghuni rumah sedang ada di bagian belakang”, kata Hidayat.

Hidayat mengatakan, rumah tersebut ambruk di bagian depan dan tengah, Untuk bagian belakangnya tidak. Kamar termasuk dapur masih kokoh karena baru direhab, ucapnya.

Hidayat menuturkan, penghuni rumah tersebut terdiri dari dua kepala keluarga beserta tujuh jiwa.

Bagian belakang rumah masih aman untuk ditinggali. Tadi Kami bersama warga sekitar sudah berswadaya untuk membersihkan puing sisa rumah ambruk, terangnya.

Mengenai upaya Pemerintah atas kejadian bencana tersebut, Hidayat menjelaskan sudah mendata dan akan memproses lebih lanjut.

“Kami bersama-sama dengan relawan penanggulangan becana setempat sudah menyalurkan bantuan berupa perlengkapan bayi, alat sekolah, selimut serta makanan”, ujar Hidayat.

Untuk proses perbaikan rumah, pihaknya sudah menyampaikan kepada Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat agar dibuatkan Proposal.

Nanti proposal pengajuan pembangunan rumah itu Kita sampaikan tentu akan dikerjakan Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait. Bisa saja Rutilahu oleh Dinas Sosial atau Dinas Perumahan dan Pemukiman”, ucapnya.
(*rach).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here