JAKARTA,onenewsoke.com.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional (Kemenddikbud) Tahun 2021 akan menggelar Asesmen Nasional (AN). Mendikbud Nadiem Makarim meminta kepada para orangtua murid tak perlu khawatir terhadap pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) 2021.

“Banyak Orangtua salah paham, AN sama dengan Ujian Nasional (UN), Padahal beda”.

Menurutnya AN berbeda dengan Ujian Nasional (UN) karena sama sekali tak memberikan konsekuensi kepada murid, Baik dalam hal kelulusan maupun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Jadi tidak ada dampak, Anak tersebut masuk di sekolah yang mana, Juga tidak ada dampak kepada kelulusan, Tidak ada dampak apa pun kepada anak, katanya melalui tayangan YouTube Jum’at (22/1/2021).

Bahkan Nadiem juga mengatakan, Orangtua murid tak perlu mendaftarkan anak-anak mereka ke tempat bimbingan belajar (Bimbel), Ia menyebut, Tak ada gunanya menyiapkan murid menghadapi AN melalui Bimbel. “Sebab AN yang akan diselenggarakan ini Untuk Mengevaluasi Sekolah, Bukan untuk Murid/Siswa. Selain itu, Dalam penyelenggaraan AN yang dibutuhkan murid bukan Kemampuan Menghafal, Tetapi Kemampuan Bernalar Kritis, Numerasi dan Literasi, Jadi kepada para Orangtua pun bisa lega”, terang Nadim.

Menteri Nadiem Makarim mengingatkan orangtua siswa untuk tidak perlu khawatir, apalagi memaksa anak atau murid belajar di lembaga bimbingan belajar (Bimbel). Begitu pun untuk para Guru supaya bisa lebih tenang. Sebab, penyelenggaraan AN tak memerlukan banyak persiapan. Guru dan sekolah hanya perlu menyiapkan logistik AN dan hal-hal yang berkaitan dengan itu, ujar Nadarim.

Ini hanya Baseline, Dan Kita untuk pertama kalinya akan bisa memetakan kualitas mutu asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, dan survei lingkungan belajar secara Nasional ini seperti apa, Namun demikian Nadim Mengumumkan penyelengaraan AN awalnya dijadwalkan mulai Bulan Maret 2021 bakal diundur ke Bulan September-Oktober 2021, kata Nadim.

Nadiem menjelaskan, Maret-April 2021 Kemendikbud baru akan melaksanakan tahapan rapat Koordinasi, Sosialisasi dan Pelaksanaan teknis persiapan AN.
Selanjutnya, April-Agustus 2021 akan dilakukan simulasi Asesmen Nasional di satuan pendidikan. Kemudian September-Oktober 2021 Asesmen Nasional barulah akan diselenggarakan. Untuk hasilnya akan diumumkan pada bulan Desember 2021, ungkap Nadim.
(One/rach).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here