Onenewsoke.Com

Sukabumi-Komandan Kodim (Dandim) 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno, S.Sos. mengatakan, rata-rata tingkat penyelesaian kegiatan fisik pada TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-108,tahun 2020 sudah mencapai 85 persen.Sebagian sudah selesai 100 persen, ada yang mendekati selesai, tapi sebagian ada juga yang masih dalam tahap pengerjaan.

Pernyataan Letkol Suyikno itu disampaikan di Markas Satgas TMMD ke-108 Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi di Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/7/2020).

Lebih lanjut Dandim mengatakan,Hari ini, ujar Dandim pada hari ke-14 sejak pembukaan,sebagian besar kegiatan fisik di 32 titik hampir selesai.

“Alhamdulillah pada hari ke-14 ini, pencapaian pekerjaan fisik semakin maju.Masyarakat bersama prajurit TNI bahu-membahu untuk mengerjakan berbagai sasaran fisik di Desa Sukaluyu.Kesadaran masyarakat untuk bergotong royong sangat tinggi,” ujar Dandim

Adapun pekerjaan yang telah selesai 100 persen antara lain pembangunan bronjong sepanjang 78 meterkubik; pengerasan jalan desa antara Kampung Pasirkadu- Kampung Panyusuhan dengan panjang 850 meter, lebar 2 meter, dan tebal 0,15 meter; dan pembuatan gorong-gorong di 7 titik masing-masing dengan diameter 40 cm.

Kegiatan lainnya yang telah selesai 100 persen pembangunan Jembatan Rahong dengan panjang 40 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 8 meter serta pembuatan tembok penahan tanah (TPT) dengan panjang 217 meter, lebar 0,25 meter, tinggi 1,8 meter.

“Semua kegiatan bisa memenuhi target penyelesaian dengan tetap memperhatikan kualitas pekerjaan,”terang Letkol Suyikno.

Kegiatan TMMD ke-108, lanjutnya, dimulai sejak pra-TMMD pada pertengahan bulan Juni lalu.Sampai hari ke-14, semuanya berjalan lancar, tidak menemui kendala yang berarti. Aman dan lancar sehingga akan lebih digencarkan lagi pengerjaaannya. Semua kegiatan dilaksanakan di Desa Sukaluyu.

“Kami optimis sebelum tanggal 29 July 2020 yang merupakan hari penutupan TMMD ke-108, semua kegiatan pembangunan fisik dapat selesai semuanya, clear 100 persen,” tuturnya.

Terkait pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH),Dandim pun mengatakan dari 10 sasaran sebanyak 8 unit telah selesai 100 persen.Satu unit RTLH milik Ibu Homsah di Kampung Cidadap RT 05 RW 02 Desa Sukaluyu masih tahap pengerjaan dengan tingkat penyelesaian 85 persen.

Penyelesaian pembangunan RTLH oleh para prajurit dari Satgas TMMD ke-108 Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

“Satu unti lagi masih menunggu penyelesaian pembangunan rumah kepunyaan Ibu Homsah. Diselesaikan satu persatu,”lanjutnya.

Untuk kegiatan nonfisik berupa penyuluhan-penyuluhan telah dituntaskan seluruhnya. Kegiatan ini dimulai sejak 1 Juli 2020 dan selesai pada 14 Juli 2020 hari ini. Pelaksanaannya dikoordinasikan dengan beberapa perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukabumi.

“Pelaksanaan kegiatan nonfisik ini sesuai dengan rencana dan jadwal yang telah ditetapkan,” pungkas Letkol Suyikno.(*One)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here